DAERAH  

Proyek Jalur Kereta Api Makassar-Parepare, “Masih” Terkendala Pembebasan Lahan

Proyek Jalur Kereta Api Makassar-Parepare, "Masih" Terkendala Pembebasan Lahan
Proyek Jalur Kereta Api Makassar-Parepare, "Masih" Terkendala Pembebasan Lahan

Maros, Infosiar.online — Proyek Pembangunan Jalur Kereta Api yang menghubungkan Makassar-Parepare sedang dalam koordinasi menhub dan pemda.

Diketahui Menhub berkoordinasi Dengan Pemda maros dalam upaya untuk melakukan percepatan pembangunan jalur Kereta Api Makassar-Parepare.

Selain itu, Pembangunan Jalur KA yang merupakan Proyek Strategis Nasional ini, masih menemui beberapa hal yang harus diperbaiki, khususnya terkait penyelesaian pembebasan lahan.

Baca Juga :  Jika Terjadi Gempa Susulan, Berpotensi Terjadi Tsunami, Ini Kata Kepala BMKG

Adapun total anggaran pembangunan proyek jalur KA Makassar-Parepare sekitar Rp 2,3 triliun dengan terpecah menjadi 16 paket pekerjaan dengan menggunakan skema KPBU.

Pembangunan Proyek KA Makassar-Parepare sepanjang 144 KM (melalui Makassar-Maros-Pangkep-Barru-Parepare) ini merupakan bagian dari rencana mega proyek pembangunan jalur KA Trans Sulawesi yang merupakan Jalur KA Indonesia Timur.

Baca Juga :  Warga Temukan Senjata, Polres & Kodim Langsung Amankan, Ini Lokasinya

Disamping itu rencananya pembangunan jalur KA ini nantinya akan terintegrasi dengan Bandara Internasional Hasanuddin di Maros serta Pelabuhan Garongkong di Barru. (RH)