Abaikan Korban Tabrak Lari, Polisi Ini Ditangani Provost Polda Sulsel

Abaikan Korban Tabrak Lari, Polisi Ini Ditangani Provost Polda Sulsel

Makassar, Infosiar.com — Sejatinya, seorang anggota polisi yang melihat suatu masalah yang terjadi dijalan atau dilapangan, diminta atau tidak harus memberikan pertolongan.

Seperti halnya kasus tabrak lari yang terjadi di wilayah Polda Sulsel, seorang personel anggota Lantas Polda Sulsel tertekam CCTV yang videonya beredar luas di medsos akibat mengabaikan korban.

Tentu hal ini mengundang kecaman dari masyarakat luas yang menilai masalah tersebut telah menyalahi tugas polisi sebagai pembina, pelindung dan pengayom masyarakat serta mengabaikan instruksi Kapolri menjadi polisi presisi.

Menyikapi hal tersebut, Plt Kabid Humas Polda Sulsel, KOMBES Pol Ade Indrawan yang dikonfirmasi melalui ponselnya, Rabu (15/12/21) memberikan penjelasan terkait hal itu.

Dijelaskannya, personel polisi yang terekam dalam video amatir itu, telah dibebas tugaskan dari fungsi Lantas dan sedang dalam pemeriksaan Provost Polda Sulsel untuk dilakukan sidang disiplin.

Alasannya, kata KOMBES Ade, karena tidak mengambil tindakan mendahulukan menolong korban, namun justru meninggalkan TKP dengan alasan terburu-buru.

“Anggota polisi itu yang beralasan sedang terburu-buru dan ditunggu oleh anggota Sat PJR Ditlantas Polda Sulsel di Kabupaten Sinjai yang akan memakai mobil dinas tersebut untuk melakukan pengawalan ke Kota Makassar, karena mobil dinas Sat PJR lainnya yang digunakan sedang rusak dan berada di bengkel Kabupaten Sinjai,”jelas KOMBES Ade.

Menurutnya, Polisi seharusnya senantiasa hadir jika terjadi Lakalantas dan melakukan penanganan, mendatangi tempat kejadian dengan segera menolong korban dan melakukan tindakan pertama ditempat kejadian perkara.

“Respon cepat terkait masalah ini, menunjukkan jajaran Pimpinan Polda Sulsel berkomitmen penuh dalam pelayanan kepada masyarakat dan tidak ragu mengambil tindakan tegas terhadap anggotanya yang terbukti lalai dalam melaksanakan tugas nya untuk melayani masyarakat ” tegas mantan Kapolres Sidrap, Ade Indrawan. (Diah).