Aktivitas Narkoba dan Sobiz Makin Marak di Daerah Ini, Warga : Kenapa Bisa ?

Aktivitas Narkoba dan Sobiz Makin Marak di Daerah Ini, Warga : Kenapa Bisa ?

Sidrap, Infosiar.com — Penangkapan pelaku narkoba dan pelaku penipuan melalui online atau yang dikenal didaerah ini dengan sebutan “Passobiz” semakin marak.

Hal ini dapat diketahui masyarakat melalui sejumlah operasi penangkapan para pelaku yang dilakukan aparat dari berbagai satuan, khususnya diwilayah hukum Polda Sulsel.

Apakah daerah ini masih menjadi surga bagi para pelaku dalam menjalankan aksinya itu ?, tentu jawabannya ada pada aparat yang memiliki tanggungjawab dalam memberantas penyakit masyarakat (Pekat) ini.

Pertanyaan ini muncul dari berbagaiat yang setiap minggu dapat mengetahui adanya operasi penangkapan terhadap para pelaku kedua aksi kejahatan itu.

“Selaku warga Sidrap, kami merasa miris dan prihatin dengan predikat daerah kami sebagai surga bagi pelaku narkoba dan lahan subur bagi “Passobiz”, ujar Rahmat Hidayat yang ditemui disalah satu warkop di Pangkajene, Sidrap, Sulsel, Sabtu (29/1/2022).

Menurutnya, maraknya penangkapan pelaku narkoba didaerah ini yang dilakukan oleh Ditresnarkoba Polda Sulsel, BNNP Sulsel dan Satres Narkoba Polres Sidrap, kelihatannya tidak membuat pelaku berkurang, justru semakin bertambah.

“Kemungkinan besar penyebab tidak ada efek jera bagu para pelaku narkoba itu, disebabkan karena sangsi hukum yang diberikan tidak maksimal, padahal dalam UU Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 sudah sangat jelas sangsi hukumnya,”jelas Rahmat yang turut diamini penikmat kopi lainnya.

Selanjutnya, kata Rahmat, 99 pelaku narkoba yang diamankan hanya sebatas pemakai, pengedar dan kurir, sementara para bandar atau pemilik barang haram itu, tidak pernah diketahui identitas atau keberadaannya.

“Peyelidikan dan penyidikan yang dilakukan petugas, jaringannya selalu terputus. Apakah ini sudah jadi komitmen antara pelaku yang diamankan dengan pemilik barang untuk tetap tutu mulut?,” katanya.

Sekedar diketahui, untuk Januari tahun ini, ada kurang lebih 1 kg barang bukti (BB) narkoba jenis sabu-sabu yang telah disita oleh aparat melalui operasi yang dilakukan Satres Narkoba Polres Sidrap serta dari tim Ditresnarkoba Polda Sulsel dilokasi berbeda didaerah ini.

Sedangkan untuk penangkapan “”Passobiz” tim Ditreskrimsus Polda Sulsel juga kembali mengamankan sejumlah warga Desa Mojong, Kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap beberapa hari lalu yang saat ini masih proses pengembangan tim Cyber Ditreskrimsus Polda. (Diah)