Akun Gubernur Sulbar Dicatut, Kabid Humas Polda: Warga Diminta Hati-Hati

  • Bagikan
Akun Gubernur Sulbar Dicatut, Kabid Humas Polda: Warga Diminta Hati-Hati
Akun Gubernur Sulbar Dicatut, Kabid Humas Polda: Warga Diminta Hati-Hati


Sidrap, Infosiar.com — Aksi penipuan melalui media sosial (Medsos) yang dilakukan pihak tertentu, kembali menyasar salah seorang pejabat penting diwilayah Sulawesi Barat (Sulbar).

Korban tersebut adalah, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar yang nama akunnya telah dicatut dan telah beredar luas ke masyarakat pengguna medsos, khususnya akun massengger disejumlah wilayah di Indonesia.

Dalam akun tersebut, pelaku meminta pertemanan yang menggunakan akun palsu dengan mengatasnamakan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar.

“Kemarin, saya sempat di chat melalui akun tersebut dan menanyakan kabar. Lalu ujung-ujungnya meminta melanjutkan percakapan melalui WhastApp (WA) dengan mengirimkan kode,”ujar Rahim, Kamis (11/3/2021), salah seorang warga Sidrap yang diajak berteman oleh pelaku.

Baca Juga :  Beraksi Disejumlah Lokasi, Resmob Polda Sulsel Amankan Pelaku Curas

Untungnya, kata Rahim, cepat menyadari kalau akun tersebut adalah palsu dan ingin mencoba menghack whatsapp korban yang diajak ngobrol melalui pesan itu. 

“Setelah ditelusuri, tiba-tiba akun yang mengatasnamakan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar itu langsung memblokir akun saya,” ujarnya.

Dari hasil penelusuran, akun tersebut menyasar sejumlah pejabat publik dan politisi. Akun tersebut dibuat pada 11 Februari 2021 lalu, dan saat ini sudah memiliki pertemanan yang hingga saat ini sudah lebih seribu orang. 

Dalam akun itu, memuat poto profil Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar dengan mengenakan pakaian kemeja berwarna merah.
Untuk postingan pertamanya diketahui pada 12 Februari 2021. Postingan dalam akun itu memuat sejumlah poto-poto kegiatan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar.

Baca Juga :  Penyebab Banjir Bandang di Lutra Dalam Penyelidikan, Ini Penjelasan Kapolres

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulbar, KOMBES Pol Syamsu Ridwan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan tidak berteman dengan akun palsu tersebut.

“Masalah ini akan segera kami tindak lanjuti. Untuk itu, sebelum jadi korban dari aksi penipuan, saya harap warga tetap waspada untuk tidak menerima konfirmasi pertemanan dari akun tersebut,”harap KOMBES Syamsu Ridwan. (Diah)

  • Bagikan