Amankan CBP, Bulog Harus Siapkan Dana Untuk Serap Hasil Penen Padi

328 Kali Dilihat
Amankan CBP, Bulog Harus Siapkan Dana Untuk Serap Hasil Penen Padi

Sidrap, Infosiar.com — Untuk mengamankan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), pemerintah melalui Perum Bulog harus menyiapkan dana besar untuk menyerap hasil panen masyarakat.

Seperti halnya didaerah ini, dalam waktu dekat masyarakat akan melakukan panen raya padi yang diperkirakan akan berlangsung pada akhir Pebruari 2023 hingga beberapa bulan kedepan.

Untuk kestabilan stok beras dan menjaga CBP didaerah ini, Bolug harus menyiapkan dana untuk bersaing dengan pengusaha pengelola beras dalam membeli beras petani sesuai harga pasaran umum.

“Seharusnya pemerintah pusat melalui Bulog membeli hasil panen padi masyarakat sesuai harga pasaran umum, tidak lagi mengacu pada Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang sangat jauh dari harga pengusaha penggilingan,” harap warga yang tergabung di sejumlah kelompok tani didaerah ini, Rabu (18/1/2023).

Untuk itu, lanjut warga, selaku petani tentunya kami berharap agar harga pembelian pemerintah dapat mensejahterakan masyarakat, akan tetapi jika pemerintah kalah harga pembelian oleh pengusaha, dapat dipastikan kesejahteraan tidak mungkin terwujud.

“Selama ini, kami hanya menjual hasil panen ke pengusaha, karena harga pembeliannya cukup tinggi ketimbang menjual ke mitra Bulog,” ujar H Abd Razak, salah seorang pemilik lahan pertanian seluas kurang lebih 20 hektar yang ditemui sesaat lalu di daerah ini. (Diah)