Anak Cucu dan Cicit Almarhum H Massagoni Peringati Haul Ke Empat

190 Kali Dilihat
Anak Cucu dan Cicit Almarhum H Massagoni Peringati Haul Ke Empat

Sidrap, Infosiar.com — Anak cucu dan cicit almarhum H Massagoni, kembali merayakan Haul ke empat yang jatuh setiap tahun, tepatnya 27 September.

Almarhum H Massagoni dikenal luas masyarakat Sidrap sebagai salah seorang tokoh dan pengusaha legendaris didaerah ini yang berpulang ke rahmatullah pada usia 103 tahun.

“Sesuai catatan dan data keluarga, almarhum lahir pada tahun 1915 dan wafat pada 27 September 2018
empat tahun lalu di Pangkajene, Sidrap,”ujar AM Yusuf Ruby yang merupakan cucu pertama almarhum.

Menurut AM Yusuf Ruby yang juga Owner Hotel Grand Sidny yang ditemui di Pangkajene, Kamis (29/9/2022) mengatakan, keluarga besar almarhum bersepakat untuk terus menghelar Haul setuap tahun.

Dijelaskannya, almarhum yang pernah menjadi anggota DPRD Gotong Royong Sidrap di era tahun 1960-an, acara pemakamannya sempat viral di media sosial.

Hal tersebut disebabkan, kata AM Yusuf Ruby yang menjabat Ketua Kadin Sidrap dua priode hingga sekarang ini, karena kerandanya digotong keluarga dan masyarakat dari rumah duka di Pangkajene ke pekuburan islam di Kelurahan Empagae, Kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap.

“Walaupun jarak pemakaman sejauh 6 km lebih, tapi semangat dan keinginan keluarga untuk menggotongnya bersama masyarakat lainnya tetap berjalan lancar sesuai waktu yang telah diperkirakan sebelumnya,” jelas AM Yusuf Ruby.

Dikatakannya, semasa hidup almarhum, ia dikenal sebagai sosok sederhana dan memiliki jiwa bisnis yang tinggi, sehingga almarhum sering diberikan amanah oleh masyarakat sebagai pembina organisasi kegiatan masyarakat.

Yusuf Ruby menambahkan, almarhum memiliki 4 orang anak yang semuanya berjenis kelamin perempuan, masing-masing, Hj. Rahmatiah (almarhumah), Hj. Rahmawati, Hj. Ratnawati, dan Hj. Rahmi dan memiliki puluhan cucu serta cicit.

“Setiap usai sholat, seluruh anak dan cucu serta cicitnya tak pernah lupa untuk mengirimkan doa agar amal ibadah semasa hidupnya dapat diterima dan dilapangkan kuburnya oleh Allah SWT, amin,” tutup Yusuf Ruby. (Diah)