“Apresiasi Setapak Perubahan Polri” Layak Disematkan ke Kapolsek Watang Pulu, Ini Inovasinya

351 Kali Dilihat
"Apresiasi Setapak Perubahan Polri" Layak Disematkan ke Kapolsek Watang Pulu, Ini Inovasinya

Sidrap, Infosiar.com — Kegiatan apresiasi kreasi “Setapak Perubahan Polri” yang digelar Mabes Polri dalam memperingati Hari Bhayangkara ke 76 tahun ini, layak disematkan ke Kapolsek Watang Pulu, Polres Sidrap, Polda Sulsel.

Pasalnya, sejak dua bulan lalu, Kapolsek Watang Pulu, IPTU Jayadi Djaya diapresiasi sejumlah pihak di daerah ini yang telah membuat gebrakan dan inovasi dalam menekan tingkat kejahatan diwilayah kerjanya.

Gebrakan atau inovasi tersebut berupa program Desa aman berbasis kamera prmantau atau Closed Circuit Television (CCTV) yang akan dipasang disetiap rumah warga.

Menurut sejumlah elemen masyarakat didaerah ini, kreativitas
yang ditelorkan Kapolsek Watang Pulu dibawah arahan dan binaan Kapolres Sidrap, AKBP Ponco Indriyo, dinilai sebagai langkah tepat dalam meminimalisir aksi kejatahan diwilayah kerja masing- masing Polsek.

“Tidak hanya itu, program pemasangan CCTV di setiap rumah warga, akan membantu tugas kepolisian dalam memantau suasana Kantibmas melalui rekaman kamera pemantau,” jelas Abd Jabbar, Dosen UMS Rappang, Sidrap, Jumat (24/6/2022).

Menurut Jabbar, penggunaan kamera pemantau disetiap rumah warga yang dikemas dalam program Desa aman berbasis CCTV, merupakan langkah maju dalam menangani Siskamling masyarakat dengan menggunakan tekhonologi modern yang praktis dengan harga terjangkau.

Dijelaskannya, warga yang memiliki kemampuan untuk memasang CCTV di rumahnya, dapat membeli sendiri, sementara yang kurang mampu, dapat memanfaatkan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang dikoordinir melalui Kades/Lurah.

“Polisi yang kreatif dan inovatif, sejatinya mendapat reward dari pimpinan tertinggi kepolisian, khususnya pada peringatan Hari Bhayangkara ke 76 yang jatuh pada 1 Juli 2022 mendatang,”harap Abd Jabbar. (Diah)

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedy Prasetyo mengatakan, Apresisasi Setapak Perubahan Polri, mempersilahkan kepada seluruh masyarakat membuat platform apapun.

“Kegiatan tersebut memberikan kesempatan dan ruang bagi seluruh masyarakat menuangkan kreasinya. Apapun isinya dipersilahkan, kritik, saran dan aspirasi ini akan dijadikan bahan evaluasi demi wujudkan Polri yang lebih baik lagi,” kata Dedi kepada awak media, di Jakarta, Kamis kemarin (23/6/22). (Diah)