Bapanas Resmi Cabut Pembelian Batas Tinggi Harga Gabah dan Beras

493 Kali Dilihat
Bapanas Resmi Cabut Pembelian Batas Tinggi Harga Gabah dan Beras

Sidrap, Infosiar.com — Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia (Bapanas RI) terbitkan surat edaran resmi untuk mencabut pembelian batas tinggi harga gabah dan beras.

Pencabutan surat edaran (SE) tetsebut, dengan Nomor. 47/TS.03.03/K/02/2023 tentang batas atas pembelian harga gabah dan beras di seluruh Indonesia, tertanggal 7 Maret 2023 lalu.

SE ang ditandatangani Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi.itu, ditembuskan kepada Menko Perekonomian, Menteri Keuangan RI, Menteri Perdagangan RI.

Selanjutnya, Menteri Pertanian RI, Kasatgas Pangan Kepolisian RI dan Kepala Dinas yang membidangi pangan tingkat provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia.

Namun demikian, Kepala Bapenas menghimbau kepada para pelaku usaha penggilingan padi agar tetap menjaga harga pembelian gabah dan beras yang wajar untuk menjaga persaingan sehat ditingkat petani dan menjaga harga diringkat konsumen.

Menyikapi keputusan tersebut, sejumlah masyarakat petani yang saat ini memasuki musim didaerah ini berharap agar pemerintah pusat segera menetapkan harga yang tidak merugikan petani.

“Disaat musim panen sekarang, kami beeharap agar pemerintah pusat secepatnya mengambil sikap untuk menetapkan harga yang sesuai dan tidak merugikan petani,” harap sejumlah petani didaerah ini.

Sementara Kepala Cabang Bulog Sidrap, H Anwar Halim yang dikonfirmasi via ponselnya, Selasa (7/3/2023) mengatakan, terkait pembelian harga gabah dan beras petani di daerah ini, pihaknya masih menunggu terbitnya Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang baru setelah dicabutnya SE dari Bapanas. (Diah)