Belum Rampung Tanggul Irigasi Sereang, Tanggul Induk Rappang Juga Ikut Jebol

769 Kali Dilihat
Belum Rampung Tanggul Irigasi Sereang, Tanggul Induk Rappang Juga Ikut Jebol

Sidrap, Infosiar.com — Sejumlah saluran irigasi didaerah ini alami kerusakan parah akibat jebolnya sejumlah tanggul yang dapat mengancam gagal panen.

Terbukti, tanggul saluran irigasi sereang yang belum rampung penanganannya, kini muncul lagi kerusakan yang sama di saluran induj irigasi Rappang yang berlokasi di Desa Abbokongeng, Kecamatan Kulo, Sidrap, Sulsel.

Kerusakan tanggul yang ada di saluran induk irigasi Rappang itu, terjadi beberapa meter pada bagian kiri dan kanan akibat jebol, sehingga warga petani di wilayah itu berharap agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Sidrap segera menanganinya.

Menurut warga yang ditemui di lokasi, penanganan masalah ini secepatnya harus dilakukan guna menyelamatkan tanaman padi masyarakat.

“Bila hal ini dibiarkan terus tanpa gerak cepat, ratusan hektar sawah terancam gagal.panen yang pasti akan berdampak pada jatuhnya perekonomian warga petani di wilayah itu,”ujar sejumlah warga yang ditemui di Kulo, Selasa (1/8/2023).

Ditegaskannya, program Gubernur Sulsel terkait Anti Malas Gerak (Mager), sejatinya tidak hanya jadi wacana, tapi secepatnya bergerak untuk menyikapi keluhan warga melalui Dinas PSDA Sidrap yang bertanggungjawab dengan masalah ini (Mia/Diah)