Desa Aman Berbasis CCTV, Wakil Rakyat dan Akademisi Apresiasi Gebrakan Kapolsek Watang Pulu

383 Kali Dilihat
Desa Aman Berbasis CCTV, Wakil Rakyat dan Akademisi Apresiasi Gebrakan Kapolsek Watang Pulu

Sidrap, Infosiar.com — Program Desa/Kelurahan aman berbasis kamera pamantau atau Closed Circuit Television (CCTV) yang dicetuskan Kapolsek Watang Pulu. Sidrap, Sulsel, diapresiasi wakil rakyat dan akademisi didaerah ini.

Salah seorang wakil rakyat dari fraksi partai NasDem Sidrap, Abd Rahman Mustafa (ARM) yang kerap disapa Dedhy Berdy yang ditemui di kantornya, Jumat (24/6/2022), sangat mendukung gebrakan program itu.

Menurutnya, penggunaan CCTV setiap rumah warga yang bertujuan untuk meminimalisir dan menekan angka kejahatan dilingkungan masing-masing, merupakan gebrakan pertama di Indonesia dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak.

“Penggunaan CCTV disetiap rumah wagra, kami merasa optimis angka kriminalitas dapat ditekan, khususnya di wilayah Kecamatan Watang Pulu karena aksi pelaku kejahatan akan terekam oleh kamera pemantau setiap saat,”ujar Dedhy Berdy.

Sementara itu, Abdul Jabbar, S.IP, M.Si, salah seorang dosen Univeritas Muhammadiyah Sidrap (UMS) Rappang, diakui sebagai ide cemerlang dalam menekan aksi kejahatan di setiap rumah warga atau dilingkungannya masing- masing.

Ia mengatakan, ide yang dicetuskan Kapolsek Watang Pulu itu, sebagai bentuk inovasi anggota kepolisian lainnya yang patut dan layak diterapkan seluruh Polsek diwilayah hukum Polres Sidrap dan Polda Sulsel serta jajaran Kepolisian seluruh Indonesia.

“Ubtuk mewujudkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan CCTV di rumahnya masing-masing, pemerintah di harapkan memberi dukungan aparat kepolisian dalam mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga Kantibmas dengan Siskamling yang berbasis tekhnologi,”jelas Abd Jabbar.

Terpisah, Kapolsek Watang Pulu, IPTU Jayadi Djaya yang dihubungi sesaat lalu mengatakan, lahirnya ide tersebut, tidak terlepas dari arahan dan bimbingan Kapolres Sidrap, AKBP Ponco Indriyo.

“Kami selalu diberikan kesempatan untuk berinovasi dalam melakukan tugas pelayanan kepada masyarakat, termasuk diantaranya program Desa/Kelurahan yang aman berbasis CCTV,” kata Kapolsek IPTU Jayadi Djaya. (Diah)