Diduga Bermasalah, Proyek Irigasi di Desa Bapangi di Lidik Polisi

Diduga Bermasalah, Proyek Irigasi di Desa Bapangi di Lidik Polisi

Sidrap, Infosiar.com — Proyek pembangunan saluran irigasi pertanian di Desa Bapangi, Kecamatan Panca Lautang, Sidrap, Sulsel, Tahun Anggaran (TA) 2021 lalu diduga bermasalah.

Untuk menyikapi masalah tersebut, Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Sidrap tengah melidik dugaan penyelewengan anggaran terhadap proyek pembangunan itu.

Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Saharuddin yang dikonfirmasi melalui ponselnya, Rabu (30/3/22) membenarkan pihaknya sementara menyelidiki kasus tersebut.

“Saat ini kami sementara melakukan lidik dengan memeriksa dan memintai keterangan sejumlah pihak terkait pembangunan irigasi tersebut,”ujar Kasat Reskrim, AKP Saharuddin.

Pembangunan irigasi yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2021, senilai Rp522 juta itu, hasil pembangunannya dikeluhkan petani karena pengerjaannya diduga tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Sejumlah warga Desa Bapangi yang dikonfirmasi menyebut jika terdapat pemasangan batu tidak tertanam serta lantai diduga hanya sekitar 3 centimeter, pada hal di RAB tercantum 10 centimeter.

Warga mengatakan, sebelumnya dia pernah menegur tukang yang mengerjakan irigasi tersebut untuk memperbaiki pengerjaannya, namun tidak dihiraukan dengan alasan Kades yang awasi langsung proyek tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Bapangi, Rusna Tappa yang berusaha dikonfirmasi melalui ponselnya, rupanya tidak direspon hingga berita ini di ekspos. (Diah)