Diinisiasi Syahar, Direktur Akabi Lakukan Panen Porang

  • Bagikan
Diinisiasi Syahar, Direktur Akabi Lakukan Panen Porang
Diinisiasi Syahar, Direktur Akabi Lakukan Panen Porang


Sidrap, Infosiar online — Tanaman porang yang diinisiasi dan dibudidayakan dikebun milik Syaharuddin Alrif S.IP, MM dan dikelola kelompok tani milenia, saat ini mulai memasuki masa panen yang berlokasi di Desa Talumae, Kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap.

Panen perdana tanaman porang yang dilaksanakan Rabu (15/7/2020) tersebut, dihadiri Direktur Aneka Kacang dan Umbi (Akabi) Kementerian Pertanian RI, Amiruddin Pohan, dan Kasi Intensifikasi ubi kayu dan aneka umbi, Lilis Suryani.

Hadir pula Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sidrap, Azis Damis, Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf JP Situmorang, anggota DPRD fraksi NasDem kota Makassar, Suyuti, anggota DPRD Sidrap, Hj Kartini dan Kepala Desa setempat.

Baca Juga :  Peringati HUT TNI ke 75, Kapolda Temui Tiga Petinggi TNI di Sulsel

Direktur Akabi Kementan RI, Amiruddin mengatakan, sangat mengapresiasi usaha pembudidayaan tanaman umbi hutan jenis porang yang diinisiasi Wakil Ketua DPRD Sulsel yang juga Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif.

Menurutnya, tanaman porang ini, apabila dikelola dengan baik, kami merasa yakin dan optimis akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat ditengah pandemi Covid 19, sehingga budidaya yang diinisiasi pak Syahar ini patut dan layak dijadikan percontohan.

Sementara itu, Kadis Pertanian Sidrap, Azis Damis, sangat memuji juga langkah pak Syahar yang ikut peduli dan mau mengurus pertanian yang dapat meransang dan memotivasi masyarakat petani agar terus produktif.

Baca Juga :  Kerja Tenaga Medis RB Bhayangkara Diapresiasi Kabid Humas Polda

Ditempat yang sama, Syahar menyarankan dan mengajak kelompok tank kebun untuk mengembangkan budidaya tanaman umbi porang atau sejenis umbi hutan yang dapat dijadikan bahan makanan dan kosmetik.

“Tanaman umbi porang ini, prosfeknya sangat menjanjikan yang dapat menghasilkan sebesar Rp 990 juta per hektar. Inisiasi yang saya lakukan ini sebagai upaya untuk merubah paradigma petani di Sulsel,”jelas Syahar. (Diah).

  • Bagikan