Diproses Secara Alami, Abon Ikan Gabus Produksi Desa Malalin, Siap Bersaing

  • Bagikan
Diproses Secara Alami, Abon Ikan Gabus Produksi Desa Malalin, Siap Bersaing
Diproses Secara Alami, Abon Ikan Gabus Produksi Desa Malalin, Siap Bersaing

Enrekang, Infosiar.com — Potensi ekonomi dari kuliner Kabupaten Enrekang tidak kalah dengan daerah lainnya, salah satu yang patut dicicipi adalah abon ikan gabus yang siap bersaing dipasaran.

Abon ini diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga di Desa Malalin, Kecamatan Cendana, Kabupayen Enrekang, mendapat pendampingan dari perangkat desa dan Universitas Muhammadiyah Enrekang (Unimen). 

Sekretaris Desa Malalin yang juga Dosen Unimen, Saleha S.Pd., M.Pd memaparkan, abon ikan gabus produksi mereka kini telah mulai dipasarkan.

Baca Juga :  FPI Sidrap Siap Menaati Maklumat Kapolri

“Diolah secara alami 100 persen. Bahannya dari ikan gabus segar dari empang yang memang cukup banyak di Malalin. Ditambah gula merah, garam dan rempah-rempah pilihan,” jelas mahasiswa doktoral UNM ini.

Yang istimewa, kata Saleha, abon ini tidak mengandung penyedap MSG dan pengawet. Sehingga sehat dan lebih bergizi. Meski begitu rasa dan aromanya enak dan tak kalah dengan abon pabrikan. 

Ia mengatakan, dengan membeli produk abon ikan gabus Malalin, juga berarti membantu memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. 

Baca Juga :  Kajari Djasmaniar Bergeser ke Sulbar, Ini Penggantinya

“Kelompok usaha abon ikan tersebut, memanfaatkan tenaga kerja dari ibu-ibu dan pemuda di Desa di seberang Sungai Saddang ini,”jelas Saleha.

Dijelaskannya, mereka telah dilatih untuk mengolah dan mengemas secara higienis dan memenuhi standar kesehatan, serta mempromosikan abon ini secara massif dengan memanfaatkan website dan media sosial.

Untuk memesan abon ikan gabus khas Malalin ini, anda bisa menghubungi telepon atau WhatsApp 082271361645 atau 0853409863636. (Diah)

  • Bagikan