Hari Ini, Kadis Dikbud Lanjutkan Kunker Di Desa Leppangeng

399 Kali Dilihat
Hari Ini, Kadis Dikbud Lanjutkan Kunker Di Desa Leppangeng

Sidrap, Infosiar.com — Hari ini. Jumat (11/11/2022), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidrap, kembali lanjutkan kunjungan kerjanya (Kunker) di Desa Leppangeng, Kecamatan Pitu Riase, Sidrap, Sulsel.

Tujuannya, untuk mengunjungi penguatan warisan budaya tak benda di daerah ini berupa Sando Batu yang merupakan tarian khas daerah, khususnya Desa Leppangeng.

Demikian disampaikan Kadis Dikbud Sidrap, Faizal Sehuddin yang dikonfirmasi melalui ponselnya sesaat lalu.

Menurutnya, tarian Sando Batu tersebut merupakan salah satu tarian tradisi masyarakat yang ada di wilayah itu dan dimaknai sebagai tarian “Pajjaga” (Pelindung).

Dijelaskannya, tarian ini merupakan tarian turun temurun yang sudah ratusan tahun lalu terus dilakukan pada saat tertentu, sehingga hal ini perlu dilestarikan sebagai kekayaan budaya.

“Setelah kami mengunjungi dan menemui langsung tokoh masyarakat di wilayah itu, pihaknya akan melaporkan ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan untuk didaftarkan sebagai budaya tak benda,”jelas Faizal.

Kunker Kadis Dikbud Sidrap itu, didampingi sejumlah stafnya untuk melakukan pendataan terkait program Dikbud Sidrap guna mendukung program pendidikan dan bidaya didaerah ini. (Diah)