Hati-Hati Gunakan Kosmetik Racikan, Ini Kandungannya

420 Kali Dilihat
Hati-Hati Gunakan Kosmetik Racikan, Ini Kandungannya

Sidrap, Infosiar.com — Bagi kaum perempuan pengguna kosmetik racikan, diminta untuk berhati-hati, karena bisa menyebabkan terjadinya kanker, dan ini kandungannya.

Hal ini dapat diketahui setelah dilakukan pemusnahan barang bukti (BB) ribuan kosmetik ilegal yang dilaksanakan di halaman kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidrap. Jumat (17/3/2023).

Data yang dihimpun di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidrap, rercatat 1.224 buah kosmetik ilegal dari 22 jenis yang dimusnahkan.

Sekda Sidrap, H Basra yang dikonfirmasi usai mengikuti acara pemusnahan mengatakan, kosmetik racikan itu mengandung bahan berbahaya yang bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit.

“Saya himbau kepada masyarakat, khususnya kaum perempuan untuk berhati-hati menggunakan aneka kosmetik racikan, karena tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM),”ujar Sekda Basra yang juga Plt Kadis Kesehatan.

Dijelaskannya, dalam kosmetik racikan, terdapat 8 bahan berbahaya yang sering ditemukan, diantaranya Phthalates (Pelembut Plastik) yang terdapat pada kosmetik sebagai pelembab kulit, dan apabila penggunaannya berlebihan, akan menyebabkan gangguan sistem endokrin (Produksi Hormon).

Kemudian Toluene atau zat pelarut pada kosmetik, dapat merusak sistem saraf, otak dan janin apabila terhirup. Butylated Hidroxytoluene (BHT) pada pelembab kosmetik dapat membahayakan organ hati apabila tertelan dan digunakan dalam jangka waktu lama.

Selanjutnya ada aluminium, yang biasanya terdapat pada deodorant anti perspirant yang apabila dalam jumlah melebihi dapat mempengaruhi sistem endokrin (produksi hormon).

“Ada juga Merkuri, bahan kimia yang sangat berbahaya, pada kosmetik yang di gunakan sebagai pemutih instant yang dapat menyebabkan penyakit kanker karena bersifat karsinogenik, juga dapat merusak sistem saraf, fungsi otak, ginjal dan paru paru,”katanya.

Tak hanya itu, kosmetik racikan juga menggunakan Oxybenzone merupakan bahan kimia yang biasanya terdapat pada Sunscreen (Tabir Surya) dapat menyebabkan reaksi kimia pada kulit (Alergi) yang terpapar sinar matahari.

Selanjutnya, terdaoat pula bahan pengawet (Formaldhehyde) yang , bersifat toksik karena gampang terhirup dan Talc, merupakan penghalus kulit pada bedak tabur namun dapat terkontaminasi mineral dan bersifat karsinogenik (penyebab kanker). (Diah)