HWDI dan AMAN Sosialisasi Perubahan Iklim Bagi Penyandang Disabilitas.

486 Kali Dilihat
HWDI dan AMAN Sosialisasi Perubahan Iklim Bagi Penyandang Disabilitas.

Sidrap, Infosiar.com — Kegiatan sosialisasi program perubahan iklim bagi penyandang disabilitas dan masyarakat adat serta stakeholder Komunitas Adat Cendreangin berlangsung di aula Kantor Desa Maddenra, Kecamatan Kulo, Kabupaten Sidrap. Kamis (11/11/2021)

Acara tersebut dihadiri para penyandang disabilitas yang ada di 3 Desa yaitu, Desa Maddenra, Desa Cendreangin dan Desa Bina Baru se Kecamatan Kulo.

Adapun pemteri yang tampil masing-masing, Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Sulsel, Maria Un dan Suardi Razak selaku Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Provinsi Sulsel.

Maria Un yang kerap disapa Mia dalam materinya mengharapkan agar masyarakat adat dan penyandang disabilitas menyadari hak-haknya dan memiliki kapasitas untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan yang terkait dengan perubahan iklim dan pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang berkelanjutan.

Sementara itu, Suardi Razak dalam materinya menegaskan, masyarakat adat harus bergerak untuk meningkatkan kapasitas dan memastikan data atau informasi potensi serta dampak yang ditimbulkan terkait perubahan iklim pada masyarakat adat, penyandang disabilitas, perempuan penyandang disabilitas yang akan menjadi bahan untuk perencanaan pembangunan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, stakeholder Desa Maddenra, dan Desa Cendreangin serta perwakilan dari Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) cabang Sidrap. (Diah)