Iskandar : Di Rutan Sidrap di Jamin Zero Halinar

Iskandar : Di Rutan Sidrap di Jamin Zero Halinar

Sidrap, Infosiar.com — Maraknya pemberitaan terkait adanya pungutan liar yang dilakukan sejumlah oknum petuga Lapas dan Rutan di sejumlah wilayah di Indonesia, menjadi viral di sejumlah media.

Hal itu diiungkapkan sejumlah warga binaan pemasayarakatan (WBP) terkait adanya jual beli
kamar, makanan, minuman, jam mandi, dan semacamnya di dalam lapas.

Praktek pungli semacam ini sudah berulang kali terjadi dan diketahui masyarakat luas, sehingga masalah ini perlu diberikan tindakan tegas kepada oknum petugas Lapas dan Rutan yang menyalahi sistem pembinaan bagi WBP.

Menyikapi masalah tersebut, Kemenkum HAM melalui Dirjen Lapas segera menyikapi masalah tersebut dan langsung ke sejumlah Lapas dan Rutan yang pemberitaannya melakukan pungli.

Sementara itu, Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan Kelas II B Sidrap, Iskandar, yang dikonfirmasi melalui ponselnya, Jumat (11/2/2022) menjamin tidak ada praktek pungli di lingkup Rutan Sidrap.

Menurutnya, untuk mengantisipasi terjadinya hal itu, pihaknya rutin melakukan penggeladahan kamar dan barang serta anggota badan bagi WBP guna mencegah pemakaian Hand Phone dan Pungli serta penggunaan narkoba (Halinar).

“Alhamdulillah, kami menggaransi kalau di Rutan Sidrap saat ini sudah Zero (Nol) Halinar, karena pihaknya rutin melakukan pemeriksaan dan pengheledahan kamar dan barang serta badan anggota warga binaan,” ujar mantan Ka Rutan Palopo ini. (Diah)