Jelang Pilkades Serentak, Polres Sidrap Gelar Deklarasi Damai

291 Kali Dilihat
Jelang Pilkades Serentak, Polres Sidrap Gelar Deklarasi Damai

Sidrap, Infosiar.com — Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak didaerah ini, Polres Sidrap menggelar deklarasi damai dengan seluruh kandidat Kades.

Deklarasi damai itu dilaksanakan di aula Parama Satwika Polres Sidrap, Senin (9/10/2023) yang dipimpin Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, Sekda Sidrap, H Basra dan Ketua DPRD Sidrap, H Ruslan.

Turut dihadiri pula Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, Kejari Sidrap yang diwakili Kasi Pidsus, Abdurrahim. Kadis Pemdes Sidrap, Abbas Aras dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres Erwin mengatakan, deklarasi ini bertujuan agar para Calon Kepala Desa (Cakades) dapat menjaga keamanan dan ketertiban serta suasana kondusifitas di wilayahnya masing-masing agar perbuatan melawan hukum dapat diminimalisir.

TNI Kodim Sidrap bersama Polres Sidrap siap mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak gelombang kedua tahun 2023 yang akan digelar pada 17 Desa dari 8 Kecamatan di daerah ini,” ujar Kapolres Erwin.

Untuk itu, lanjut Kapolres Erwin, dengan adanya deklarasi damai ini, tentu diharapkan adanya kerjasama antara kandidat Kades dalam menjaga simpatisan dan pendukung masing-masing yang dapat mengundang kerawanan atau ambang gangguan lainnya.

“Kami berharap agar semua tahapan Pilkades, baik dari mulai, sedang hingga selesai tahapan atau pelantikan, kita bersama-sama jaga kondusifitas, sehingga pilkades dapat berjalan aman, tertib, damai dan sejuk.”harapnya.

Selanjutnya, Kapolres Erwin berharap bagi para Cakades terpilih agar jangan jangan bereforia berlebihan yang bisa mengundang gangguan kamtibmas, dan bagi yang kalah harus tetap berlapang dada menerima hasil kontestasi pilihan masyarakat.

Usai menerima bimbingan dan arahan, para Cakades melakukan ikrar deklarasi damai dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai setiap kandidat Kades dari masing-masing desa yang akan mengikuti kontestasi pada 15 Oktober 2023 mendatang. (Mia/Diah)