Kadis Dikbud : Saatnya Sekolah Gunakan Tekhnologi PAS

392 Kali Dilihat
Kadis Dikbud : Saatnya Sekolah Gunakan Tekhnologi PAS

Sidrap, Infosiar.com — Untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyerap pembelajaran selama 6 bulan serta mengevaluasi proses pembelajaran selama masa tatap muka terbatas ini, sudah saatnya gunakan tekhnologi
Penilaian Akhir Semester (PAS).

Penerapan PAS ini diberlakukan bagi murid SD dan pelajar SMP di daerah ini pada pelaksanaan ujian semester ganjil tahun ajaran 2022- 2023 yang mulai berlangsung, hari ini, Senin-Sabtu (5-10/12/2022).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidilan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidrap, Faizal Sehuddin yang dikonfirmasi via ponselnya, Senin (5/12/2022).

Menurutnya, penilaian akhir untuk peserta didik SD dan SMP, sudah menggunakan metode paperless (teknologi/android) dan kertas bagi peserta didik yang tersebar pada 11 Kecamatan yang ada didaerah ini.

Dijelaskannya, ada beberapa SD yang telah gunakan metode paperless, yakni kelas 4,5, dan 6 SDN 9 Bila, SDN 2 Teteaji, dan SDN 2 Batu serta beberapa lainnya, namun ada juga yang masih berbasis kertas, sedangkan untuk SMP semua gunakan teknologi.

Hingga saat ini kata Faisal, Disdikbud Sidrap terus mendorong seluruh satuan pendidikan baik itu tingkat SD ataupun SMP untuk dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam sistem pembelajaran.

“Hasil PAS bukan saja berupa nilai atau angka-angka yang akan mereka lihat di rapor, namun lebih kepada pembentukan karakter, dan karakter unggul ini akan menjadi bekal utama mereka dalam menghadapi tantangan hidup siswa,”jelas Faizal.

Untuk itu, ia berharap agar PAS ganjil tahun ajaran 2022/2023 ini berjalan dengan baik berkat kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua serta pihak lainnya, guna mewujudkan sumber daya manusia berkualitas.

Sementara itu, Kabid Dikdas Dikbud Sidrap, Sirajiddin mengatakan, PAS ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan dan cita-cita pendidikan. khususnya didaerah ini. (Diah)