Kajagung : Saya Akan Gunakan Tangan Besi Bila Ada Oknum Jaksa Main Proyek

Kajagung : Saya Akan Gunakan Tangan Besi Bila Ada Oknum Jaksa Main Proyek

Jakarta, Infosiar.com — Kepala Kejaksaan Agung (Kajagung) Sanitiar Burhanuddin mendapat laporan masih ada jajarannya baik di pusat dan di daerah yang bertindak di luar kewenangannya.

Akibatnya, perilaku yang ditunjukkan anggota Korps Adhyaksa tersebut tak ubahnya benalu.

“Saya ingatkan jangan ada lagi Kajati, Kajari, Asisten dan juga di Kejaksaan Agung yang bermain mencari proyek di pemerintahan. Jangan lagi ada minta-minta atau ngemis-ngemis proyek, menggerogoti kegiatan pembangunan daerah, yaitu dengan perbuatan meminta-minta setoran,” ujar Jaksa Agung.

Bahkan informasi yang dia terima, bukan sekadar meminta, ada pula yang ikut campur dalam menentukan pemenangan tender suatu proyek semata-mata demi kepentingan pribadi.

“Saya tak akan memberi ampun jajaran yang ketahuan main proyek, dan akan menindak tegas siapapun anda, ingat itu,” tegas Jaksa Agung.
saat memberikan pengarahan secara virtual kepada jajarannya, Senin (31/1/2022).

Tidak main-main dengan arahannya dan langsung memerintahkan Jaksa Agung Muda Pengawasan, Kepala Kejaksaan Tinggi, Asisten Pengawasan benar-benar mengawasi perilaku seluruh jaksa di Indonesia dan bersikap tegas jika ditemukan ada yang melanggar.

“Apabila diperlukan, saya selaku Jaksa Agung akan bertindak “tangan besi” untuk menghukum anak-anak saya demi terjaganya marwah institusi Kejaksaan,” katanya.

Dengan berat hati, ia pastikan akan mencopot jabatan saudara sebagai penerapan sanksi administratif, dan lebih jauh lagi, penerapan sanksi pidana sesuai dengan kadar berat ringannya kesalahan, agar menimbulkan efek jera serta pembelajaran bagi kita semua.

Untuk itu, Kajagung juga meminta jajarannya tidak mudah percaya dengan pihak-pihak yang mencatut namanya untuk mendapatkan keuntungan. Itu sebabnya, dia meminta keluarga Korps Adhyaksa benar-benar bekerja menjaga marwah Kejaksaan Agung.

Ia memastikan akan melindungi anak buah yang bekerja sesuai aturan, dan sebaliknya, ia akan menindak tegas mereka yang hanya ingin merusak nama Kejaksaan Agung.

“Saya akan melindungi saudara jika bertindak sesuai aturan yang berlaku. Dan sebaliknya, saya tidak ragu akan menghukum dan mempidanakan saudara yang secara nyata mencoreng marwah institusi Kejaksaan,” tegas Jaksa Agung. (***)