Kapolri : Polisi Yang Melanggar Akan Saya Copot

284 Kali Dilihat
Kapolri : Polisi Yang Melanggar Akan Saya Copot

Sidrap, Infosiar.com — Kepalq Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan statemen tegas bagi seluruh anggota kepolisian di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan dihadapan perwira kepolisian di Markas Komando (Mako) Polri, di Jakarta, Senin (12/9/2022) pada tanyangan Divisi Humas Mabes Polri.

Kapolri mengingatkan, ia tidak menginginkan personel Polri hanya diam dan takut menyampaikan pendapat ketika menemukan hal-hal yang tidak sepatutnya.

“Ikan yang busuk tentunya di mulai dari kepala. Mari kita saling mengingatkan, atasan ingatkan anak buah, anak buah juga sama, menyampaikan, komandan sepertinya ini salah, dan itu sah-sah saja,”ujar Kapolri Listyo.

Ditegaskannya, seluruh personel Polri yang terbukti melakukan pelanggaran, dia akan langsung di copot dan itu disebutkan berlaku untuk semuanya.

“Jika bawahan mendapat perintah yang salah dari komandan, maka harus berani menyampaikan pendapat karena ini untuk kebaikan institusi kepolisian,”jelas Kapolri yang dikutip melalui Kompas.com.

Untuk itu, kata Kapolri, ia terus wanti-wanti agar menghindari pelanggaran, khususnya hal-hal yang mencederai rasa keadilan masyarakat.

“Pelanggaran-pelanggaran yang kalau itu kita lakukan maka itu akan semakin menurunkan kepercayaan publik kepada Polri,” tegas Jenderal
Listyo Sigit.

Kesimpulannya, lanjut Kapolri, rekan-rekan yang melakukan pelanggaran, harus saya copot dan memberi tindakan tegas, karena saya masih sayang 430.000 polisi dan 30.000 PNS yang telah bekerja dengan baik.

“Kalau ada laporan, saya tidak perlu tegur lagi, langsung saya proses, saya copot. Ini berlaku untuk semuanya apakah itu Polki atau Polwan,”tutup Kapolri. (***)