Kapolsek Watang Pulu : Inovasi Ini Tidak Terlepas Arahan Kapolres

Kapolsek Watang Pulu : Inovasi Ini Tidak Terlepas Arahan Kapolres

Sidrap, Infosiar.com — Peningkatan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) yang dikemas dalam program Desa aman berbasis CCTV sangat diapresiasi berbagai elemen masyarakat, termasuk wakil rakyat didaerah ini

Pasalnya, pemasangan CCTV setiap rumah warga tersebut, dinilai sebagai suatu inovasi atau gebrakan dalam meminimalisir tingkat kejahatan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Kapolsek Watang Pulu, IPTU Jayadi Djaya yang ditemui di Warkop Kincir, Pangkajene, Sidrap, Sulsel saat bincang santai dengan sejumlah wartawan, Kamis (23/6/2022) membenarkan adanya progranm Desa aman berbasis CCTV atau kamera pengawas.

Menurutnya, program inovasi yang saat ini diterapkan diwilayah kerjanya, tidak terlepas dari bimbingan dan arahan bapak Kapolres, AKBP Ponco Indriyo terkait masalah Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas).

“Tanpa motivasi dari pak Kapolres, hal ini tidak mungkin dapat kami laksanakan, sehingga Siskamling yang ada diwilayah kerja kami sangat terbantu dengan adanya kesadaran masyarakat memasang CCTV,” ujar Kapolsek Jayadi.

Dijelaskannya, dengan adanya CCTV yang terpasang di rumah warga, merupakan hasil koordinasi dengan Camat bersama seluruh Lurah dan Kades se Kecamatan Watang Pulu.

“Setiap sosialisi Kantibmas ke masyarakat terkait program CCTV itu, mayoritas merespon positif dengan alasan dapat menekan tingkat kejahatan yang terjadi di lingkungannya masing- masing,” kata Kapolsek.

Ia mengatakan, dengan adanya kesadaran masyarakat tersebut, secara otomatis ikut membantu tugas aparat dalam menekan dan meminimalisir tingkat kriminalitas diwilayahnya.

Untuk diketahui, jumlah penduduk wilayah Kecamatan Watang Pulu sebanyak kurang lebih 40 ribu jiwa, sementara personel Polsek Watang Pulu saat ini hanya 21 orang, sehingga kalau diestimasi, setiap personel akan menangani 900 jiwa. (Diah)