KPU Sidrap Gelar Rakor Dengan LO Parpol Yang Akan Diverifikasi

278 Kali Dilihat
KPU Sidrap Gelar Rakor Dengan LO Parpol Yang Akan Diverifikasi

Sidrap, Infosiar.com — Sebagai lembaga penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap menggelar rapat koordinasi dengan Liaison Officer (LO) partai yang lolos berkas di KPU RI beberapa waktu lalu.

Hal itu dilakukan untuk menindak lanjuti pembedaan Parpol calon peserta pemilu sesuai dengan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 55 Tahun 2020 yang membagi tiga kategori partai politik.

Pembedaan Parpol yang dimaksud,
Parpol peserta Pemilu 2019 yang lolos parliamentary threshold (PT), kedua partai politik peserta Pemilu 2019 yang tidak lolos PT dan ketiga Perpol yang baru.

Demikian dijelaskan Ketua KPU Sidrap, Syamsuddin Saleng melalui
Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Kepemiluan KPU Sidrap, Saharuddin La Sari di Kafe Hadide, Pangkajene, Sodrap, Kamis (18/8/2022).

Dijelaskannya, KPU Sidrap saat ini sudah memulai verifikasi administrasi sejak 16 hingga 29 Agustus 2022 terhadap 19 Parpol di daerah ini yang dinyatakan lolos berkas perdaftaran di KPU pusat.

“Dari segi syarat sama, karena undang-undangnya sama. KPU tidak membuat persyaratan karena persyaratan berdasarkan UU dan kami sifatnya melaksanakan,” ujar Saharuddin, mantan Ketua HMI Sidrap itu.

Untuk memperlancar tahapan verifikasi administrasi ini, kami ingin memastikan mulai dari ketersediaan sarana dan prasarana dan sumber daya manusia yang mencukupi, serta kerjasama semua pihak, terutama parpol yang akan ikut kontestasi Pemilu 2024.

“Saya perlu tegaskan, kita di KPU Kabupaten / Kota hanya fokus pada kepengurusan dan keanggotaan partai. Itu fokus kita, menjadi tanggung jawab KPU Kabupaten/Kota,”jelasnya.

Untuk itu, lanjut Saharuddin, kepengurusan dan keanggotaan parpol ini, pihaknya menyediakan layanan khusus melalui aplikasi, sehingga tidak ada lagi surat menyurat secara manual.

Kegiatan sosialisasi itu, dibuka Ketua KPU Sidrap, Syamsuddin Saleng yang dihadiri seluruh komisioner dan staf administrasi KPU lainnya, sejumlah LO Parpol serta sejumlah anggota media didaerah ini. (Diah)