Layakkah Bantuan Konstituen Dikuasai Wakil Rakyat ?

648 Kali Dilihat
Layakkah Bantuan Konstituen Dikuasai Wakil Rakyat ?

Sidrap, Infosiar.com — Layakkah bantuan konstitutuen yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat di kuasai wakil rakyat di daerah ini ?.

Pertanyaan ini muncul setelah adanya keluhan yang diungkapkan sejumlah warga dari berbagai daerah pemilihan (Dapil) di daerah ini terkait bantuan fasilitas yang menggunakan dana APBD.

“Setahu saya, penggunaan anggaran seharusnya tepat sasaran, namun kenyataannya bantuan itu dikuasai secara pribadi oleh sejumlah wakil rakyat,”ujar sejumlah warga khususnya di Dapil dua meliputi Kecamatan Panca Rijang. Baranti dan Kulo, Senin (2/1/2022).

Untuk memastikan bantuan itu tepat sasaran atau tidak, harap warga, sebaiknya dilakukan audit oleh inspekrorat kabupaten terkait pemanfaatan bantuan yang mengatasnamakan konstituen di dapilnya masing-masing.

Bahkan kalau perlu, tegas warga, institusi Poilsi dan Kejari Sidrap diminta untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terkait dugaan penyelewengan dana yang tidak tepat sasaran.

Sementara itu, Lembaga Swadaya Masyarakat Komite Masyarakat Pemantau Legislatif dan Eksekutif (LSM Kompleks), Putra Mahliah meminta kepada aparat yang berwenang untuk segera menyikapi keluhan warga.

Dijelaskannya, keluhan itu hampir terjadi diseluruh Dapil yang ada di derah ini, sehingga wakil rakyat terkesan ikut menikmati hak-hak takyat yang diwakilinya dengan memperkaya diri sendiri.

“Jika betul keluhan masyarakat itu dapat dibuktikan, sejatinya pihak yang mengklaim dirinya sebagai wakil rakyat, sebaiknya tidak usah dipilih kembali oleh masyarakat pada kontestasi pileg yang akan digelar pada 2024 mendatang,” tegas Putra yang dikonfirmasi via ponselnya, Senin (2/1/2022). (Diah)