Longsor di Desa Leppangeng, 879 Warga Terisolir

216 Kali Dilihat
Longsor di Desa Leppangeng, 879 Warga Terisolir

Sidrap, Infosiar.cim — Musibah tanah longsor yang terjadi pada 4 Dusun di Disa Leppangeng, Kecamatan Pitu Riase, Sidrap, Sulsel, membuat 879 warga terisolir.dari 211 Kepala Keluarga (KK).

Longsor yang terjadi Ahad kemarin (4/9/2022) tersebut, disebabkan tingginya curah hujan yang turun sejak beberapa bulan terakhir ini.

Dampak dari musibah tanah longsor itu, membuat material menutupi badan jalan yang menghubungkan antara dusun di Bolapetti, Desa Leppangeng.

Ke empat Dusun yang terisolir itu yakni, Dusun 5 Lengke, Dusun 7 Lumpingan, Dusun 3 Walawala, dan Dusin 8 Rante Siwa, sehingga membuat aktifitas warga lumpuh total akibat material longsor penutupi jalan hingga 100 meter.

Menurut sejumlah warga, dengam tertutupnya akses jalan, kendaraan roda dua maupun empat tidak bisa keluar masuk ke pemukiman, dan diapun berharap agar pemerintah secepatnya membersihkan material longsor.

“Untuk keluar masuk pemukiman, terpaksa kami menerobos jalan berlumor yang jaraknya kurang lebih 100 meter dengan ketinggian antara 50 hingga 100 meter,”jelas warga yang terdampak longsor.

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Sidrap, Sudarmin mengatakan, pihaknya telah menurunkan sejumlah personil ke lokasi untuk membantu menyingkirkan material longsor.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk menurunkan alat berat ke lokasi bencana tanah longsor,” ujar Sudarmin yang dikonfirmasi melalui ponselnya, Senin (5/9/2022). (Diah)