Mendikbud : Sekolah Tidak Boleh Paksakan Vaksin Untuk Ikut PTM

Mendikbud : Sekolah Tidak Boleh Paksakan Vaksin Untuk Ikut PTM

Sidrap, Infosiar.com — Pelaksanaan vaksinasi Covid 19 bagi murid sekolah dasar (SD) yang menuai polemik sejumlah orang tua murid di seluruh Indonesia.

Pasalnya, mayoritas orang tua murid, khususnya didaerah ini merasa tidak bisa terima dengan adanya surat pernyataan yang disodorkan pihak sekolah yang salah satu poinnya dinilai sangat meresahkan.

Surat pernyataan tersebut, terkesan dipaksakan dan menjadi salah satu syarat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di setiap sekolah didaerah ini, sehingga hal ini perlu dicarikan solusi.

Menyikapi adanya keresahan orang tua murid, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi (Memdikbud Ristek), Nadim Makarim memberikan penjelasan.

Menurut Nadim, vaksinasi bagi murid SD, tidak menjadi persyaratan untuk mengikuti PTM, sehingga pihak sekolah tetap memberikan kesempatan bagi seluruh murid ikut sekolah.

Dijelaskannya, seluruh wilayah di Indonesia yang masuk Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan level 1,2 dan 3 tidak harus memaksakan setiap murid untuk ikut vaksin.

Terkait penjelasan Mendikbud Ristek untuk tidak memaksakan murid untuk divaksin, saat ini viral di media sosial (Medsos), sehingga pihak sekolah yang memaksakan hal ini, perlu dipertanyakan yang tidak menutup kemungkinan dapat berimbas ke proses hukum. (Diah).