Mengaku Tabib, Warga Baranti Jadi Korban Hipnotis

365 Kali Dilihat
Mengaku Tabib, Warga Baranti Jadi Korban Hipnotis

Sidrap, Infosiar.com — Modus penipuan yang dilakukan seseorang yang belum diketahui identiasnya yang mengaku tabib atau dukun, berhasil menghipnotis warga Baranti, Kecamatan Baranti, Sidrap.

Kasus pidana penipuan tersebut berlangsung Kamis (26/10/2023) sekira pukul 08.00 Wita, sehingga korban yang minta namanya di rahasiakan mengalami kerugian setelah perhiasan emas miliknya seberat 30 gram berhasil dibawa kabur pelaku penipuan.

Kapolsek Baranti, AKP Mursalim yang dikonfirmasi via selularnya sesaat lalu, membenarkan kejadian itu dan menimpa salah seorang perempuan di wilayah kerjanya.

Hal itu diketahui setelah korban melaporkan kejadian yang dialaminya setelah didatangi seorang lelaki mengaku tabib atau dukun yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

Modusnya, lanjut Kapolsek, pada saat akan menjalankan aksinya, si tabib atau si dukun berpura-pura memibta meminta cerek yang diisi air lalu memasukkan semua emas miliknya ke dalam wadah cerek itu.

Setelah membacakan jampi-jampi, kata Kapolsek, sang dukun meminta kepada korban untuk menggunakan air sebagai obat di cerek itu setelah shalat dhuhur.

Selanjutnya, sang dukun yang berhasil membawa kabur perhiasan emas itu, korban baru menyadari kalau dia telah menjadi korban setelah mengecek semua emas yang dimasukkan dalam cerek itu hilang.

“Korban baru tersadar setelah si dukun pergi dan membawa semua perhiasan emasnya berupa 3 buah gelang emas, 2 buah cincin emas dan 1 (satu) kalung beserta liontin emas dengan berat total sekitar 30 (tiga puluh) gram dengan nilai jual sebesar Rp 21 juta,”jelas Kapolsek.

Untuk saat ini, sambung Kapolsek, pihaknya sudah menerima laporan dan segera menindaklanjuti masalah itu guna mengusut tuntas kejadian yang menimpa salah seorang warga Baranti. (Diah)