Musim Hujan, Warga Dihimbau Waspada Potensi Penyakit

  • Bagikan
Musim Hujan, Warga Dihimbau Waspada Potensi Penyakit

Sidrap, Infosiar.com — Musim hujan yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, dihimbau kepada seluruh warga untuk mewaspadai potensi timbulnya penyakit.

Termasuk daerah kita yang diguyur hujan sejak beberapa hari terakhir ini yang mengakibatkan terjadinya genangan air, sehingga sangat berpotensi memunculkan berbagai macam bibit- bibit penyakit.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidrap, Dr Ishak Kenre, SKM, M, Kes yang dikonfirmasi melalui ponselnya, Selasa (7/12/2021).

Menurut Dr Ishak yang juga jubir Satgas Covid 19 Sidrap itu, potensi penyakit yang sering muncul pada setiap musim hujan yaitu, penyakit Diare, Leptospirosis, Typoid, Influenza dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dijelaskannya, untuk mengah dan mengabtisipasi timbulnya penyakit tersebut, ada berapa langkah yang harus kita lakukan daibtaranya, perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga kebersihan dan kualitas lingkungan, menjaga immunitas dengan gizi yang aman, sehat dan seimbang.

“Kalau sejumlah poin itu kita terapkan dalam kehidupan kita dan lingkungan masyarakat serta terus menjaga suasana hati dan berdoa kepada Allah SWT, Insya Allah kita terhindar dari segala musibah,” ujar Dr Ishak.

Disamping itu, ia juga mengingatkan kepada seluruh warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid 19 dengan memakai masker, mencuci tangan di air mengalir serta menjaga jarak. (Diah)

  • Bagikan