Pemerintah Resmi Tetapkan Harga Minyak Goreng, Ini Besarannya

Pemerintah Resmi Tetapkan Harga Minyak Goreng, Ini Besarannya

Sidrap, Infosiar.com — Melonjaknya harga pembelian kebutuhan rumah tangga berupa minyak goreng di seluruh Indonesia sejak beberapa minggu terakhir ini, langsung disikapi pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartanto dengan menetapkan harga pembelian sebesar Rp 14 ribu perliter yang berlaku mulai hari ini, Rabu (19/1/2022).

Menurut Airlangga, keputusan itu diambil melalui rapat dengan kementerian terkait yang akan memberikan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sebesar Rp 7,6 Triliun.

Menurut Ketua Umum DPP Partai Golkar itu, khusus untuk pasar tradisional, pemerintah akan memberikan waktu penyesuaian selambat-lambatnya satu pekan mendatang dari tanggal pemberlakuan.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi meminta masyarakat untuk tak melakukan panic buying atau memborong dalam jumlah besar karena pasokan dipastikan memadai.

“Saya juga mengimbau masyarakat untuk tidak perlu panic buying atau membeli secara berlebihan karena pemerintah sudah menjamin pasokan dan stok minyak goreng dengan harga Rp14 ribu per liter, dan pasti dapat mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat,” kata Lutfi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa malam kemarin (18/1/2022).

Lutfi mengatakan, pemerintah akan menyiapkan minyak goreng sebanyak 250 juta liter per bulan, dan penyediaan itu akan dilakukan selama enam bulan kedepan, sehingga total pasokan mencapai 1,5 miliar liter. (Diah)