Penggiat Anti Jatanras Minta Pelaku Penipuan Online Disanksi Tegas

596 Kali Dilihat
Penggiat Anti Jatanras Minta Pelaku Penipuan Online Disanksi Tegas

Sidrap, Infosiar.com — Ditangkapnya 3 orang warga Sidrap oleh Tim Opsnal Siber Ditreskrimsus Polda Sulsel terkait kejahatan penipuan online, penggiat anti kejahatan dan kekerasan (Jatanras) didaerah ini meminta agar terduga pelaku disanksi tegas.

Pasalnya, aksi ketiga terduga pelaku yang menjalankan aksinya dengan cara menawarkan pinjaman online dengan suku bunga rendah terhadap calon korbannya, dinilai telah merusak nama baik daerah ini.

“Belum hilang predikat Sidrap sebagai daerah sarang narkoba, kini muncul predikat tambahan sebagai daerah pelaku penipu online (Sobiz) terbesar di Indonesia,” ujar Ahlan, Ketua forum Peduli Mustadh’afin (FPM) Sidrap, Jumat (10/3/2023).

Menurutnya, para pelaku yang saat ini menjalani proses hukum di Polda Sulsel, diharapkan dapat diberi sangsi tegas berupa hukuman berat dengan menjerat UU ITE agar para pelaku memiliki efek jera.

Selain itu, ia juga menyoroti aksi perkelahian antar pelajar yang viral di media sosial (Medsos) dan disaksikan puluhan orang tanpa ada upaya untuk melerainya, sehingga terkesan ada upaya pembiaran.

“Untuk tidak terulangnya masalah seperti ini, sejatinya kepala sekolah memberikan sangsi kepada kedua siswa yang telah mempertontokan sikap yang tidak pantas untuk ditiru bagi siswa lainnya, agar memiliki efek jera,”jelas Ahlan. (Diah)