Penggunaan Dana BOS Diduga Banyak Rekayasa, Aparat Diminta Selidiki

  • Bagikan
Penggunaan Dana BOS Diduga Banyak Rekayasa, Aparat Diminta Selidiki

Penggunaan Dana BOS Diduga Banyak Rekayasa, Aparat Diminta Selidiki 
Sidrap, Infosiar.com — Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sidrap, diduga kuat penuh rekayasa.

Termasuk penggunaan dana BOS selama masa pandemi Covid 19, dinilai banyak rekayasa, sehingga sejumlah pihak meminta aparat berwajib untuk melakukan penyelidikan, baik dari Inspektorat, Kepolisian maupun Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidrap.

Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Masyarakat Pemantau Legislatif dan Eksekutif (Kompleks), Putra Mahlia yang dikonfirmasi melalui ponselnya,  Kamis (5/8/2021).

Ia menilai, penggunaan dana BOS selama pandemi covid-19, diduga penggunaannya tidak sesuai pos anggaran dan Rencana Kerja Sekolah (RKS).

Misalnya, kata dia rekayasa pembangunan dan perbaikan fisik sekolah, pembelian kuota untuk siswa banyak tidak terealisasi dengan baik serta sejumlah item lainnya.

“Kami lihat, tidak ada transparansi penggunaan dana BOS disekolah. Diduga kuat pemanfaatannya tidak sesuai rencana kerja sekolah,” ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini telah mengumpulkan sejumlah bukti-bukti sebagai dasar untuk dilaporkan kepada pihak berwajib untuk menelusuri dugaan penyimpangan dana negara.

Untuk itu, sambung Putra, ia juga meminta kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaam (Disdikbud) Sidrap tidak semerta-merta menerima laporan pertanggungjawaban sekolah tanpa diaudit terlebih dahulu. (Diah)

  • Bagikan