Penjabat Bupati Sidrap Belum Ada Figur Yang Mengerucut

675 Kali Dilihat
Penjabat Bupati Sidrap Belum Ada Figur Yang Mengerucut

Sidrap, Infosiar.com — Menjelang berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sidrap akhir tahun ini, penjabat Bupati hingga saat ini belum ada nama figur yang mengerucut.

Hal ini menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat di daerah ini terkait figur mana yang akan menjalankan roda pemerintahan sambil menunggu hasil Pilkada serentak 2024 yang akan datang.

Pasalnya, waktu yang tersisa 5 bulan lebih ini, sudah mulai menduga-duga sejumlah sosok Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah ini yang memiliki peluang dan pengalaman menjalankan roda pemerintahan.

Rasa penasaran ini diungkapkan sejumlah warga penikmat kopi yang ditemui di warkop Saromase, Pangkajene, Sidrap, Sulsel, Jumat (7/7/2023).

Iskandar misalnya, berharap kepada Pj Bupati Sidrap mendatang, memiliki pengalaman birokrasi dan memahami kondisi daerah serta memiliki gebrakan yang dapat mensejahterakan masyarakat dalam meningkatkan pembangunan
di daerah ini.

Menurut Iskandar, mekanisme pengusulan calon penjabat bupati berdasarkan Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 yaitu, DPRD Kabupaten 3 orang calon yang memenuhi persayaratan dan selanjutnya di serahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Setelah melalui seleksi terhadap 3 calon Pj dari Kemendagri, salah satu diantaranya yang diputuskan menjadi Pj Bupati hingga ada Bupati dan Wakil Bupati terpilih secara depinitif melalui Pilkada serentak Oktober 2024 mendatang,” jelas Iskandar, penggiat Demokrasi dan peduli pemerintahan.

Sekedar diketahui, sejumlah nama ASN Sidrap yang santer disebut memiliki peluang yaitu, H Basra (Sekda Sidrap), Andi Faizal Ranggong (Kadis LH Sidrap), Andi Muh Arsyad (Kepala Bappeda Sidrap), Faizal Sahuddin (Kadis Dikbud Sidrap) dan Soalihin (Kadis Sosial Sidrap). (Diah)