Peringatan HAKI Jangan Hanya Seremonial Belaka Tanpa Aksi

Peringatan HAKI Jangan Hanya Seremonial Belaka Tanpa Aksi

Sidrap, Infosiar.com — Hari ini, Kamis (9/12/2021), sejumlah institusi pemerintah menggelar upacara untuk memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI).

Walaupun peringatan HAKI dilaksanakan setiap tahun, namun angka tindak pidana korupsi terhadap sejumlah pejabat daerah maupun pusat di Indonesia terus meningkat.

Sehingga peringatan HAKI tahun ini sejumlah elemen masyarakat, khususnya didaerah ini berharap agar hal ini tidak hanya menjadi seremonial belaka tanpa ada penindakan atau aksi.

“Diduga kuat terjadi kasus korupsi di sejumlah instansi didaerah ini, termasuk dugaan pengelolaan Dana Desa dari tahun ketahun, namun belum ada penindakan dari pihak berwajib,” ujar penikmat kopi yang ditemui di sejumlah warkop didaerah ini, Kamis (9/12/2021).

Menurut warga, kalau pihak berwajib mau bergerak mengusut kasus korupsi didaerah ini, pasti banyak ditemukan penyimpangan, termasuk rekanan yang meminjam “Bendera” perusahaan untuk mengerjakan proyek pemerintah, pada hal itu bertentangan dengan aturan yang ada.

“Semangat peringatan HAKI harus dibarengi dengan semangat pemberantasan tanpa pilih kasih terhadap dugaan penyelewengan dana APBD maupun APBN yang digelontorkan oleh pemerintah,” tegas warga yang berharap ada aksi. (Man)