Petani Harapkan Musyawarah Tudang Sipulung Jadi Solusi Kesejahteraan

275 Kali Dilihat
Petani Harapkan Musyawarah Tudang Sipulung Jadi Solusi Kesejahteraan

Sidrap, Infosiar.com — Sudah jadi agenda tahunan setiap menjelang peringatan hari jadi daerah ini, Pemkab Sidrap menggelar acara Musyawarah Tudang Sipulung untuk membahas berbagai hal terkait pertanian.

Seperti halnya pada hari ini, Senin (13/2/2023), kegiatan musyawarah tudang sipulung tersebut, kembali digelar di aula kantor SKPD, di Pangkajene, Sidrap Sulsel.

Acara tersebut di buka Bupati Sidrap, H Dollah Mando, dihadiri Kapolres, Dadim 1420, Kajari, Ketua PN, Ketua DPRD, Gubernur Provinsi Sulsel yang diwakili Biro Perekonomian Provinsi Sulsel, dan Sekda Sidrap.

Turut pula dihadiri seluruh kepala SPKD lingkup Pemkab Sidrap, sejumlah Gebungan Kelompok Tani (Gapoktan) didaerah ini, para Kades dam Lurah dan Pallontara serta undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, musyawarah Tudang Sipulung ini, bertujuan untuk meningkatkan hasil usaha pertanian mandiri melalui konsep Petik, Olah, Kemas dan Jual untuk meningkatkan kesejahtetaan masyarakat petani didaerah ini.

“Kegiatan ini merupakan program Pemkab Sidrap untuk mendukung dan memacu pembangunan diberbagai serktor, khususnya bidang pertanian, sehingga dapat terwujud sebagai daerah agribisnis
yang maju dengan masyarakat yang religius, adil, aman den Sejahtera,” ujar Bupati Dollah Mando.

Sementara itu, sejumlah warga yang ditemui secara terpisah mengharapkan agar kegiatan ini mampu melahirkan solusi untuk kesejahteraan petani dan PPL lebih proaktif memberikan edukasi dalam mengantisipasi masalah yang dihadapi masyarakat petani.

Seperti yang dialami masyarakat petani diberbagai wilayah pertanian didaerah ini, ancaman gagal panen tampak didepan mata akibat adanya serangan hama wereng dan penyakit lainnya.

“Serangan hama ini terjadi diduga kuat kurang berfungsinya Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) pertanian dalam membimbing petani untuk memberikan penyuluhan terkait program pertanian yang baik sesuai harapan Bupati,” kata Lahalede, petani penggarap di Lautang Salo, Kelurahan Macorawalie, Kecamatan Panca Rijang, Sidrap.

Ditambahkannya, untuk mendukung produksi pertanian ini, Pemkab Sidrap diharapkan pula dapat mengantisipasi kelangkaan pupuk yang sudah menjadi masalah klasik sejak 3 hingga 4 tahun terakhir ini. (Diah)