Peternak Ayam Menjerit, Ekonomi Sidrap Sulit Bangkit

Peternak Ayam Menjerit, Ekonomi Sidrap Sulit Bangkit

Sidrap, Infosiar.com — Usaha ternak ayam ras atau ayam petelur di daerah ini sejak beberapa bulan terakhir ini, terancam gulung tikar atau bangkrut.

Kondisi ini membuat 70 persen peternak menjerit akibat tidak mampu membiayai lagi usahanya, sehingga ekonomi Sidrap sulit bangkit.

Pasalnya, usaha ternak ayam ras yang menjadi sumber penghasilan masyarakat ke dua terbesar setelah pertanian didaerah ini, terancam bangkrut alias gulung tikar, karena biaya operasional begitu besar dan tidak sebading biaya produksi.

“Harga pakan seperti konsentrat, jagung, dedak dan obat- obatan lainnya, harganya terus mengalami kenaikan, sementara harga produksi telur anjlok dipasaran,”ujar Iskandar, salah seorang peternak didaerah ini, Kamis (24/2/2022).

Menyikapi kondisi seperti ini, masyarakat peternak ayam ras berharap agar pemerintah kabupaten Sidrap segera mengambil langkah antisipasi guna menyelamatkan usaha masyarakat yang sejak puluhan tahun lalu menjadikan daerah ini sebagai lumbung telur di Sulsel, bahkan di kawasan timur Indonesia.

“Diera pemerintahan Rusdi Masse (RMS), kondisi seperti ini juga pernah terjadi, namun bapak RMS mengambil suatu kebijakan dengan membeli semua telur peternak dengan harga yang sama dan mengintervensi harga bekerjasama para produsen pakan ternak,”jelas sejumlah peternak didaerah ini. (Diah)