Polres Banggai Gelar Apel Konsolidsi Untuk Antisipasi Dampak La Nina

  • Bagikan
Polres Banggai Gelar Apel Konsolidsi Untuk Antispasi Dampak La Nina
Polres Banggai Gelar Apel Konsolidsi Untuk Antispasi Dampak La Nina


Banggai, Infosiar.online — Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang diakibatkan dampak La Nina, Polres Banggai menggelar apel konsolidasi di lapangan Mapolres Banggai, Sulteng, Jumat (6/11/2020).

Tampak hadir dalam apel tersebut, Kapolres, Banggai, AKBP Satria Adrie Vibrianto, Plt Bupati Banggai, Ir Abdullah, Dandim 1308/LB, Letkol Inf Fanny Patouw, Pejabat Utama Polres, Asisten II Pemda Banggai, Danki Senapan C dan Danpos AL, Letda Laut, Dwi P serta sejumlah OPD Banggai.

Bertindak selaku Inspektur upaca, Plt Bupati, Abdullah pada kesempatan tersebut membacakan sambutan Kapolda Sulteng, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso mengingatkan, untuk menghadapi kerawanan dan potensi bencana yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam, perlu kesiapsiagaan dari pemerintah dan unsur terkait serta seluruh elemen masyarakat. 

Baca Juga :  Wujudkan Kondusitifitas, Ini Pesan Kapolres Saat Melakukan Safari Jumat

“Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah, melaksanakan apel konsolidasi dalam rangka penanggulangan bencana tahun 2020 sekaligus untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana alam di wilayah sulawesi tengah,”ujarnya.

Selanjutnya, kata Plt Bupati yang membacakan sambutan mantan Kapolrestabes Bandung, Jawa Barat itu menambahkan, Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait datangnya badai La Nina di akhir tahun 2020 ini, diprediksi akan terjadinya intensitas curah hujan yang tinggi dan angin kencang.

Baca Juga :  Rumah Ludes Terbakar dan Tewaskan Pria Paruh Baya di Banggai

“Yang berdampak terjadinya curah hujan yang tinggi, bencana banjir, cuaca ekstrim, dan longsor, untuk itu perlu kewaspadaan dari kita semua,”pesan Kapolda.

Untuk itu, Kapolda mengharapkan kepada seluruh peserta apel agar selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai (DAS), wilayah pantai maupun yang ada diwilayah perbukitan.

“Kita semua harus selalu waspada dan siaga dengan membuat perencanaan-perencanaan awal dalam pelaksanaan evakuasi mandiri untuk menghindari resiko korban jiwa maupun harta benda,” pesan Kapolda yang dituturkan Plt Bupati Banggai, Abdullah. (Diah)

  • Bagikan