Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini, Baca Syaratnya

  • Bagikan
Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini, Baca Syaratnya
Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini, Baca Syaratnya

Jakarta, Infosiar.com — Kartu Prakerja gelombang 13 dibuka hari ini. yakni kamis siang (4/3/2021), Sekira pukul 13:00 WIB. Pernyataan tadi secara langsung disampaikan oleh Louisa Tuhatu selaku Head Of Communications Manajemen Pelaksana dari Program Kartu Prakerja.

“Prakerja Gelombang 13 rencananya akan dibuka besok (Kamis, 4 maret 2021) pukul 12:00 WIB hingga Minggu (7 maret 2021)” Kata Louisa ketika dikonfirmasi oleh Infosiar.com, Rabu (3/3/2021).

Seperti pada gelombang-gelombang sebelumnya, Kuota yang dipersiapkan yakni sebanyak 600.000 calon pekerja untuk prakerja gelombang 13 ini.

Lalu, Bagaimana persyaratan untuk calon penerima prakerja? Dikutip dari Permenko No 11 Tahun 2020, terdapat 3 syarat pokok yang harus dipenuhi oleh calon penerima kartu prakerja, yaitu ; Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan oleh pemilikan KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan calon peserta yang ingin ikut program prakerja ini harus berusia minimal 18 tahun, serta tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Baca Juga :  Janji Belikan Gabah, Pelaku Bawa Kabur Uang Korban Sebesar Rp 40 Juta

Selain yang disebutkan tadi, Kartu Prakerja gelombang 13 diperuntukkan bagi para pencari kerja, pekerja dan atau buruh yang terkena PHK terutama selama Pandemi Covid-19 ini berlangsung. Serta pekerja atau buruh yang sedang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja dibidangnya masing-masing. Yang berarti bahwa orang yang saat ini sedang bekerja pun dapat dan memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri pada Kartu Prakerja, seperti dikutip dari laman resmi Prakerja yakni www.prakerja.go.id.

Disamping itu, Situs resmi Prakerja yakni prakerja.go.id saat ini telah diperbaharui dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, namun menurut informasi dari salah satu peserta prakerja gelombang ke 12 Rahmat, akses website prakerja.go.id sementara masih sangat sulit di siang hari, terutama disaat pengumuman pembukaan gelombang. menurut rahmat sebaiknya pendaftaran dilakukan dimalam hari hingga larut malam.

Baca Juga :  Akun Gubernur Sulbar Dicatut, Kabid Humas Polda: Warga Diminta Hati-Hati

“Disiang hari akses masuk ke prakerja.go.id mengalami kendala, mungkin overload, ada baiknya pendaftaran dilakukan dimalam hari”, Ucap Rahmat.

Louisa juga menambahkan agar masyarakat selalu waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, sebab akhir-akhir ini perekonomian masyarakat sedang berada didalam situasi yang terombang-ambing, penipuan marak terjadi. ia juga menambahkan bahwa website resmi prakerja hanya di www.prakerja.go.id, bukan yang lain.

“Masyarakat harus waspada dan ingat website resmi dari kartu prakerja hanya di www.prakerja.go.id“, tutup Louisa. (***)

  • Bagikan