Program ‘Zero Halinar’ di Rutan Sidrap Tercederai Oknum Petugas

257 Kali Dilihat
Program 'Zero Halinar' di Rutan Sidrap Tercederai Oknum Petugas

Sidrap, Infosiar.com — Program ketat yang dicanangkan Kepala Rutan Kelas II Sidrap yang melarang penggunaan HP, pungli dan narkoba bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), tercederai oleh salah seorang oknum petugas Rutan.

Penerapan program “Zero Halinar” yang digaungkan itu, terkesan bersifat seremonial belaka, karena pengawasan secara internal terhadap petugas dan Napi di Rutan Sidrap dinilai kurang maksimal.

“Sebagus apapun program yang dicanangkan, tentu tidak akan berjalan maksimal bila tidak dibarengi pengawasan ketat oleh petugas internal Rutan itu sendiri,” jelas sejumlah warga yang ditemui di Pangkajene, Sidrap, Jumat (20/5/2022).

Menurut warga, terungkapnya kasus bisnis sewa beli HP terhadap sejumlah napi yang di fasilitasi oknum petugas Rutan Sidrap berinisial NS, juga merusak program pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Terkait perkembangan pemeriksaan oknum petugas Rutan di Kanwil KemenkumHAM Sulsel, Kepala Rutan Kelas II B Sidrap, Iskandar belum dapat memberikan informasi secara detail.

“Untuk sementara, saya masih dimintai keterangan terkait keterlibatan salah seorang oknum petugas Rutan yang melakukan bisnis sewa beli HP terhadap sejumlah napi,” kata Iskandar yang dikonfirmasi melalui ponselnya sesaat lalu. (Diah)