Ratusan Peternak Lele di Sidrap ikuti Bintek Bioflok

352 Kali Dilihat
Ratusan Peternak Lele di Sidrap ikuti Bintek Bioflok

Sidrap, Infosiar.con — Balai Pelatihan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Bitung dan Badan Riset SDM kKP bersinergi dengan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, H Rusdi Masse menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi penerima bantuan pemerintah budidaya ikan sistem bioflok, 27-28 Februari 2023.

H Takyuddin Masse, yang mewakili Wakil Ketua DPR RI, H Rusdi Masse saat membuka acara menyatakan, budidaya ikan sistem bioflok ini menggunakan teknologi yang tidak sederhana dan tidak mudah bagi pelaku budidaya pemula.

Olehmya itu, kata dia, peningkatan kualitas SDM penting guna mendapatkan panen yang maksimal. Baik secara kualitas maupun kuantitas. “Makanya Bimtek ini baik untuk para pembudidaya penerima bantuan,” jelasnya.

Menurutnya, budidaya ikan sistem bioflok memang menawarkan peluang sukses. Namun, Takyuddin melanjutkan, ada juga peluang kegagalan, di antaranya disebabkan oleh SDM yang belum siap menerapkan teknologi, kesulitan mendapatkan benih, kekompakan anggota sampai berhasil panen untuk melanjutkan siklus berikutnya.

Apalagi, budidaya ikan lele sistem bioflok tidaklah mudah, butuh pelatihan langsung agar pembudidaya bisa mengimplementasikannya saat menerima bantuan dari program ini.

“Oleh karenanya, melalui Bimtek ini, kami membekali para peserta yang nantinya akan mengelola paket bantuan di wilayahnya masing-masing,” tukas Politisi NasDem itu.

Selain itu, peserta yang mengikuti Bimtek ini diharapkan bisa menjadi role model atau percontohan bagi masyarakat di sekitarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perikanan Sidrap, Laenggeng mengatakan, Bimtek juga diikuti oleh staf Dinas Perikanan terkait dan Penyuluh Perikanan pendamping agar bersama-sama dapat mendampingi para penerima bantuan dalam menerapkan teknologi budidaya ikan sistem bioflok ini di wilayahnya masing-masing.

Salah satu penerima bantuan paket budidaya bioflok ikan nila, Sudarman Ahmad, dari Kelompok Rama Koi Bulo menyatakan bimtek kali ini adalah kesempatan luar biasa bagi dia.

“Bisa belajar berbudidaya menggunakan teknologi baru, dan juga bisa menerima bantuan dari program pemerintah,” ujarnya.

Selama mengikuti bimtek, peserta mendapatkan materi pokok manajemen budidaya ikan sistem bioflok, manajemen usaha, manajemen kesehatan ikan dan kisah sukses pembudidaya ikan sistem bioflok. Praktik lapangan. (Diah)