Resmob Polres Sidrap Amankan Pelaku Pencurian Kabel Listrik PLN

298 Kali Dilihat
Resmob Polres Sidrap Amankan Pelaku Pencurian Kabel Listrik PLN

Sidrap, Infosiar.com — Unit Resmob Sat Reskrim Polres Sidrap berhasil mengamankan salah seorang pelaku pencurian kabel jaringan listrik milik PLN di daerah ini, tepatnya di Watang Pulu, Sidrap, Sulsel.

Pengungkapan kasus tersebut, di dasari atas laporan Gunawan, salah seorang karyawan PT PLN akibat terjadinya gangguan listrik yang disebabkan jaringan kabel hilang di wilayah Kelurahan Batulappa, Kecamatan Watang Pulu.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Resmob Polres Sidrap yang dipimpin IPTU Amiruddin dan diback up Resmob Polres Parepare berhasil mengamankan terduga pelaku Basri Alias Abbas (27), Selasa kemarin (25/4/2023).

“Terduga pelaku tetdata sebagai
warga Lanyer, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare merugikan pihak PLN dengan harga kabel bernilai ratusan juta,”ujar Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Muhallis via ponselnya, Rabu (26/4/2023).

Menurut Kasat Reskrim Muhallis, tidak hanya mengamankan terduga pelaku, namyn pihaknya juga ijut menyita sejumlah barang bukti (BB) lainnya berupa 1 unit sepeda motor Yamaha MX King warga Hitam dan
2 karung plastik berisi gulungan kabel tembaga dan sebuah Gawai Merk Oppo A38.

Kronologis kejadian itu, lanjut AKP Muhallis, berawal ketika pihak PT PLN Ranting Sidrap menerima aduan pelanggan tentang terputusnya aliran litrik.

Setelah dilakukan pengecekan, sambung AKP Muhallis, diperoleh fakta bahwa kabel diskitar Travo yang terletak di Batulappa, Wattangpulu telah hilang dan diduga telah dicuri.

“Setwlah dilakukan penyelidikan, diperoleh informasi dari seseorang sebagai pembeli barang bekas yang mengakui pernah membeli beberapa kilo kabel tembaga yang diduga milik PT. PLN, dan kabel tembaga tersebut dijual oleh seseorang yang juga rekan tersangka Basri,”kata AKP Muhalis.

Dijelaskannya, dari hasil lidik sementara, terduga pelaku Basri ini merupakan salah satu sindikat pencurian kabel listrik dan diduga kuat berkaitan dengan hilangnya kabel-kabel listri milik PLN di wilayah Sidrap

“Kami terus melakukan pengembangan kasus ini dan koordinasi dengan Resmob Polres Parepare karena salah seorang rekan Basri masih dalam pengejaran yang melarikan diri saat digerebwk,”tegas Muhalis.

Untuk diketahui, terduga pelaku dan swjumlah BB lainya sudah diamankan di Mapolres Sidrap gula dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Diah)