Rp 2,8 Miliar Lebih Anggaran Untuk TMMD 109 Sidrap, Ini Sumber Dananya

  • Bagikan
Rp 2,8 Miliar Lebih Anggaran Untuk TMMD 109 Sidrap, Ini Sumber Dananya
Rp 2,8 Miliar Lebih Anggaran Untuk TMMD 109 Sidrap, Ini Sumber Dananya


Sidrap, Infosiar.online — Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 109 di Kabupaten Sidrap, menggunakan anggaran sebesar Rp 2,8 Miliar lebih yang terfokus pada dua desa didaerah ini.

Anggaran yang digunakan itu, bersumber dari dana swakelola APBD Sidrap Tahun Anggaran (TA) 2020 sebesar, Rp 2, 377 Miliar, ditambah dana TMMD sebesar Rp 473 juta lebih untuk pengerjaan pembangunan sarana fisik pada dua Desa di Kecamatan Watang Pulu, Sidrap.

Untuk mengetahui progres program tersebut, Tim Pengawas dan Evaluasi Penanggung Jawab Operasi (Wasev-PJO) Progam Tentara TMMD Reguler Ke-109, Brigjen TNI Wahyu Sapto Nugroho, dan Staf Ahli Pangdam XIV Hasanuddin, Kolonel Inf Hendrik Batara, berkunjung ke lokasi TMMD Sidrap, Senin (12/10/2020).

Baca Juga :  Anggota DPRD NasDem Realisasikan Program "Gantunganku", Ini Sasarannya

Kedua tim tersebut, diterima Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf JP Situmorang, Bupati Sidrap, Dollah Mando, Ketua DPRD Sidrap, Ruslan, dan Kapolsek Watang Pulu, IPTU Hamzah serta sejumlah personel Kodim lainnya.

Dandim JP Situmorang dalam laporannya dihadapan tim Wasev PJO TMMD ke 109 menyampaikan sasaran program tersebut terdapat di Desa Mattirotasi dan Buae, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap.

Dilaporkannya, kata Dandim, untuk sasaran fisik di Desa Mattirotase. Perintisan jalan Dusun Pabbaresseng – Atakkae sepanjang 8.000 x 5 meter dan kondisi pembangunannya sudah mencapai 85 persen.

Dijelaskannya, pembangunan 3 unit jembatan di Dusun Pabbaresseng, kondisinya mencapai 90 persen, sedangkan pembuatan 3 unit gorong-gorong, dua diantaranya sudah memcapai 90 persen dan 1 lainnya kondisinya  masih 60 persen.

Baca Juga :  Wujud Silaturrahim, Dandim Bagi Sarung ke Warga Jelang Berakhirnya TMMD

Selanjutnya di Desa Buae, kata Dandim Situmorang, peningkatan jalan tani 350 meter sudah mencapai 88 persen, dan pembangunan saluran irigasi 200 meter sudah 94 persen.

Pada bagian lain program TMMD, Dandim Situmorang menjelaskan, untuk sasaran non fisik meliputi, wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, penyuluhan kebersihan dan kesehatan masyarakat sudah selesai, kecuali penyuluhan pertanian dan perkebunan belum terlaksana dan akan segera dilaksanakan sebelum berakhirnya program TMMD.

Sebagai laporan penutup, Dandim melaporkan jumlah personel Satgas yang dilibatkan sebanyak 150 orang, diantaranya, 113 dari TNI AD, 4 personel dari TNI AL, 5 personel dari TNI AU dan 10 personel dari Polres Sidrap serta 18 orang dari Pemda Sidrap. (Diah)

  • Bagikan