Salut, Akhir Tahun, UMS Rappang Raih Prestasi Terbaik Nasional

Salut, Akhir Tahun, UMS Rappang Raih Prestasi Terbaik Nasional

Sidrap, Infosiar.com — Masyarakat Sidrap pada khususnya salut dan bangga atas prestasi nasional yang diraih Universitas Muhammadiyah Sidrap (UMS) Rappang, Sulsel di akhir tahun ini.

Torehan prestasi nasional tersebut, setelah masuk 20 besar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Indonesia dalam hal kinerja penelitian dan kinerja pengabdian masyarakat, sehingga berhak mendapat reward.

Dan reward atau penghargaan itu diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Tekhnologi (Dirjen Dikti dan Ristek) Kemnterian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi berupa uang tunai Rp 900 juta.

Sebelumnya, UMS Rappang masuk dalam.peringkat 94 dari 4 ribuan PTS se Indonesia yang menuhi kriyeria kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Setelah memenuhi kriteria itu, akhirnya UMS Rappang meraih predikat terbaik nasional dengan peringkat 14 untuk 20 video pengabdian masyarakat PTS dengan jumlah “Like” terbanyak di Youtube, dan peringkat 19 untuk 20 video penelitian PTS dengan “Like” terbanyak di Youtube pertanggal 29 Desember 2021,” jelas Kepala LP3M UMS Rappang, Ahmad Mustanir.

Dengan demikian, kata Ahmad Mustanir, salah seorang kandidat Doktor pasca sarjana UNM Makasaar, UMS Rappang berhak tampil di Seminar Nasional Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang di selenggarakan hari ini, Kamis (30/12/2021) Direjendikti Ristek, Kemendikbud Ristek.

Dikatakannya, Video Penelitian dan Video Pengabdian Masyarakat yang mewakili UMS Rappang di tingkat Nasional ini, merupakan Video terbaik dan berhasil membuktikan di kancah Nasional dalam waktu sehari saja mampu memperoleh simpati dan “Like” di masyarakat dalam jumlah yang cukup besar.

Untuk Video Pengabdian Masyarakat, lanjut Ahmad Mundur, terbaik dengan judul “Peningkatan Peran BUMDES dengan Aplikasi PASARDi dan BUMDes Store dalam Pemberdayaan Masyarakat” di bawakan oleh Ketua Tim, Dr. (c) Ir. Muh Rais Rahmat Razak, M.Si.

Sedangkan Video Penelitian Terbaik dengan judul “Strategi dan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka” langsung dibawakan oleh Ketua Peneliti Ahmad Mustanir.

“Prestasi yang di torehkan UMS Rappang di tahun ini, merupakan prestasi yang kesekian kalinya di bawah kepemimpinan Rektor UMS Rappang, Prof. Dr. H. Jamaluddin, S.Sos., M.Si,”kata Ahmad.

Sementara itu, Ketua Tim Peneliti di Tingkat Fakultas, Pratiwi Ramlan, S.Farm.Apt., M.Si mengatakan, UMS Rappang merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di Lingkup LLDIKTI IX yang meloloskan 2 video di Seminar Nasional dalam Kegiatan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS tahun 2021 yang di adakan Dirjen Dikti, Dikbud Ristek. (Man)