Sejarah Pertama Sidrap Tidak Ikuti Penas, Sejumlah Pihak Pertanyakan

2,516 Kali Dilihat
Sejarah Pertama Sidrap Tidak Ikuti Penas, Sejumlah Pihak Pertanyakan

Sidrap, Infosiar.com — Sejak dilaksanakannya Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), baru kali ini Sidrap tidak ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Pasalnya, Sidrap yang dikenal sebagai salah satu daerah lumbung padi di Sulsel, dipastikan tidak mengikut sertakan KTNA nya untuk Penas XVI 2023 yang dilaksanakan 10 hingga 15 Juni di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Hal ini tentu sangat disesalkan sejumlah pihak didaerah ini yang menilai keputusan pemerintah kabupaten (Pemkab) Sidrap yang tidak mengikut sertakan peserta KTNA Sidrap.

Ketua KTNA Provinsi Sulsel, Tellese yang dikonformasi melalui ponselnya, Rabu (31/5/2023) membenarkan tim KTNA Sidrap tidak ikut pada Pemas XVI 2023.

Menurut mantan Ketua KTNA Sidrap itu menjelaskan, ini merupakan catatan sejarah negatif bagi KTNA Sidrap, sehingga hal ini sangat disayangkan.

“Saya sudah komunikasi dengan Ketua KTNA Sidrap, H Abd Samad yang menanyakan kesiapannya ikut Pemas di Padang tahun ini, namun jawabannya, tidak ada anggaran yang disiapkan Pemda Sidrap,” ujar H Abd Samad yang dituturkan Tellese.

Sekda Sidrap, H Basrah yang dihubungi melalui ponselnya sesaat lalu mengatakan, tidak ikut sertanya tim KTNA Sidrap dikarenakan tidak adanya anggaran yang tersedia melalui Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2023.

Menurut Kadis Pertanian Sidrap yang ditururkan Sekda, pada awalnya anggaran untuk Penas sudah diajukan, namun anggaran tersebut dicoret oleh pusat, karena harus fokus pada 3 item anggaran yaitu, Pendidikan, Kesehatan dan PU.

“Bukan berarti Pemkab Sidrap tidak mau ikut sertakan tim KTNA nya, namun karena anggarannya tidak ada untuk tahun ini, dan Insya Allah pelaksanaan Penas yang akan datang baru akan diikutkan,” kata Sekda Sidrap, H Basrah. (Mia/Diah)