Semarak HKN Tahun Ini, 2.500 Peserta Laksanakan Defile

321 Kali Dilihat
Semarak HKN Tahun Ini, 2.500 Peserta Laksanakan Defile

Sidrap, Infosiar.com — Semarak memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 tahun ini, sebanyak 2.500 perserta melaksanakan defile.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Sidrap meiahkan acata tersebut yang dipusatkan dilapangan upacara kompleks SKPD, Sidrap, Selasa (8/11/2022).

Defile tersebut, diikuti 29 peserta, diantaranya 3 Rumah Sakit (RS), 14 Puskemas, Itkes Muhammadoyah, organisasi profesi kesehatan seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Selanjutnya, Ikatan Bidan Indonesia, (IBI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), Patelki dan Hakli yang mengambil tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”.

Dalam acara itu, seluruh peserta defile melakukan antraksi terkait bantuan hidup dasar dengan melibatkan tim oenilai independen dari Polres Sidrap dan Kodim 1420 Sidrap.

Kadis Kesehatan, PPKB Sidrap, Dr.Ns. H. Basra, S.Kep, M.Kes mengatakan, peringatan HKN ke-58, jadi momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan.

“Karenanya, sosialisasi dan edukasi kesehatan harus terus dimasifkan. Kesehatan adalah karunia yang mahal dan penting. Dengan fisik dan mental yang sehat maka muncul kebahagiaan,” ujarnya.

Penjabat Sekda Sidrap itu menambahkan, disamping sebagai hiburan, juga menjadi wadah pemersatu dan peningkatan tali persaudaraan sesama pelayan kesehatan di Bumi Nene Mallomo.

Sementara itu, Ketua Panitia HKN, Mahmuddin mengatakan, ada berbagai perlombaan olahraga dan kesenian yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HKN ke-58, yanv telah berlangsung sejak 2 hingga 9 November 2022.

Selain itu, lanjut Mahmuddin, HKN juga diisi lomba olahraga yakni, bola voli, tarik tambang, takraw, lari kelereng, makan kerupuk, enggrang. Kemudian lomba menu makanan 4 sehat 5 sempurna.

Untuk acara kesenian, penitia juga mengadakan lomba nyanyi lagu wajib dan lagu bebas, serta penilaian kebersihan dan kinerja Puskesmas. (Diah)