Shipper, Inovasi Jasa Pengiriman Barang dan Logistik

  • Bagikan
Shipper Inovasi Jasa Pengiriman Barang dan Logistik

Infosiar.com — Bisnis yang bergerak di bidang Jasa Pengiriman Barang kini terus bertumbuh. Pertumbuhan ini seiring dengan meningkatnya tuntutan pasar akan industri lainnya, seperti e-commerce yang dalam kurun waktu satu dekade terakhir berhasil tumbuh dan relatif mengubah perilaku masyarakat dalam menjalankan bisnisnya maupun dalam berbelanja.

Di Indonesia sendiri, ada banyak perusahaan yang bergerak di sektor ini, tercatat ada beberapa perusahaan lama, hingga perusahaan-perusahaan baru yang kemudian terlahir dan ikut bersaing dengan pemain lama yang telah menjalankan bisnis ini sejak beberapa tahun sebelumnya.

Pada satu tahun terakhir ini, dimana indonesia dan dunia secara global dilanda wabah / pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat untuk beraktivitas dirumah, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan penyakit. Hal ini mempengaruhi persentase berbelanja online di Indonesia meningkat hingga 400 persen, data per Juli 2020.

Seperti diketahui, bisnis Jasa Pengiriman Barang dan e-commerce kini menjelma menjadi jenis bisnis yang menggiurkan, selain karena di mudahkan oleh perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih, juga karena Jasa Pengiriman Barang dan e-commerce mampu berjalan beriringan sehingga mampu menciptakan kondisi yang saling menguntungkan satu sama lain.

Selain itu, dikutip dari republika.co.id, pada tahun 2020 rata-rata nilai transaksi e-commerce meningkat tajam pada hampir seluruh kategori produk dibanding tahun 2019. Dengan kata lain, peningkatan transaksi daring terjadi disebabkan oleh pola berbelanja konsumen yang bergeser ke bentuk pembelanjaan secara online terkhusus selama pandemi covid-19 ini berlangsung.

Sekilas Perbedaan Jasa Pengiriman Barang “Konvensional Dan Modern”

Jasa Pengiriman Barang sebenarnya bukan merupakan jenis bisnis yang baru, beberapa era sebelumnya sudah ada beberapa perusahaan yang jenis usahanya bergerak di sektor ini, baik itu lokal atau pun skala nasional. Namun, di era yang semakin modern ini, dimana teknologi sudah se-demikian maju, jalur dan sarana transportasi yang telah jauh lebih baik dari sebelumnya, kuantitas pengiriman barang meningkat, membuat pola operasional perusahaan berubah.

Jasa Pengiriman Barang secara konvensional yang dulunya hanya mengurusi pengiriman dan penerimaan barang saja, sedangkan jasa pengiriman yang ada saat ini selain mengurus tentang dua hal pokok tadi, juga memperluas pelayanannya hingga ke penyimpanan, pengepakan, serta barang yang dikirim dapat di pantau secara langsung lewat daring handphone dan website, yang bertujuan untuk memastikan barang sampai tepat waktu dan dalam keadaan baik kepada pemiliknya.

Disamping itu, perbedaan lain yang kita temui adalah, pengiriman barang secara konvensional mengharuskan pihak pengirim barang untuk mengantarkan langsung paketnya ke kantor perusahaan jasa pengiriman. Sedangkan pola operasional yang berlaku saat ini, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, platform seperti shipper menyediakan platform aplikasi maupun halaman situs yang memungkinkan pihak pengirim untuk mengatur sendiri reservasi terhadap paket miliknya, meliputi pemilihan terhadap jasa pengiriman, jenis pengiriman berdasarkan kategori barang, juga menyediakan kurir untuk mengantar – jemput paket ke rumah pelanggan, baik itu untuk paket skala ringan maupun yang berat.

Shipper Sebagai Platform Agregator Logistik dan Warehouse Terpercaya

Shipper adalah bentuk platform kargo yang dirancang untuk memudahkan pengguna jasa pengiriman barang untuk bebas memilih jasa pengiriman mana yang ingin digunakan. Shipper berupaya untuk memberi ruang lebih kepada konsumen dalam membandingkan berbagai aspek dan mengambil keputusan untuk menunjang kemudahan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pengiriman dan penerimaan barang.

Dengan kata lain, shipper merupakan bentuk layanan pengiriman yang menghubungkan antara pelaku UMKM, pebisnis online dengan berbagai perusahaan jasa pengiriman barang atau agen logistik dengan maksud untuk memudahkan segala urusan yang berkaitan dengan logistik.

Shipper menawarkan berbagai kemudahan kepada pengguna diantaranya; layanan perbandingan ongkos kirim, penjemputan barang, pengiriman barang dengan banyak pilihan jasa pengiriman/ ekspedisi, melacak pengiriman/ pesanan, sampai dukungan tim customer service (CS) untuk kemudahan klaim paket yang hilang dan lain-lain.

Shipper dianggap sebagai salah satu inovasi yang diharapkan mampu mempermudah segala urusan yang berkaitan dengan logistik dengan menjadi platform agregator logistik dan warehouse untuk jasa pengiriman barang dan penyewaan gudang yang terpercaya. (Mat).

  • Bagikan