Sikapi Keluhan Warga, Kapolres Perintahkan Personel Turun Kelokasi Tambang

323 Kali Dilihat
Sikapi Keluhan Warga, Kapolres Perintahkan Personel Turun Kelokasi Tambang

Sidrap, Infosiar.com — Menyikapi keluhan sejumlah warga Desa Bila Riase, Kecamatan Pitu Riase, Sidrap, Sulsel terkait kerusakan lingkungan akibat aktivitas galian tambang C, Kapolres perintahkan personel kelokasi.

Hal itu dilakukan Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah guna mengecek langsung kondisi dan berkoordinasi dengan sejumlah warga yang melakukan aksi pentupan akses jalan keluar masuk menuju kelokasi tambang.

“Sejumlah personil kepolisian dari Polsek Pitu Riase dan TNI dari Kodim 1420 Sidrap juga sudah diturunkan untuk mengecek lokasi.” ujar Kapolres Erwin, Ahad (11/6/2023).

Kapolres Erwin mengatakan, petugas telah mengambil langkah preventif dalam upaya menjaga suasana kondusifas tetap di wilayah tersebut.

“Pihaknya akan segera menindak lanjuti terkait adanya dugaan kerusakan yang menyalahi aturan penambangan, sehingga warga diminta melapor secara resmi sebagai dasar untuk melakukan upaya kepolisian,”pesan Kapolres.

Kapolres Erwin menambahkan, pihaknya akan segera memanggil dan memintai keterangan kepada pengusaha tambang galian C guna mengetahui adanya prosedur penambangan yang dilanggar atau tidak.

“Jika dari hasil pemeriksaan diyemukan adanya pelanggaran prosedur penambangan, maka pihaknya akan melakukan penutupan sementara aktivitas penambangan di sepanjang singai Bila,”tegas Kapolres Sidrap.

Hingga saat ini, kata Kapolres Erwin, situasi dilokasi penutupan jalan keluar masuk mobil pengangkut material hasil penambangan yang diblokir emak-emak dalam keadaan aman dan kondusif. (Diah)