Sonsong 1 Abad, Konpercab NU Sidrap Gunakan Logo Resmi, Ini Maknanya

  • Bagikan
Sonsong 1 Abad, Konpercab NU Sidrap Gunakan Logo Resmi, Ini Maknanya
Sonsong 1 Abad, Konpercab NU Sidrap Gunakan Logo Resmi, Ini Maknanya


Sidrap, Infosiar.online — Menyonsong satu abad lahirnya organisasi islam terbesar di Indonesia, Nahdatul Ulama (NU), dimanfaatkan para kader dan pengurus didaerah ini untuk menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) dan menggunakan logo resmi.

Rencana Konfercab NU tersebut, akan digelar pada 21-22 Oktober 2020 mendatang yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa, Benteng, Kecamatan Baranti, Sidrap.

Demikian disampaikan Sekretaris panitia pelalsana Konfercab NU Sidrap, Mahmud Nurdin yang dikonfirmasi melalui modelnya, Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, panitia telah menetapkan logo resmi untuk forum tertinggi ditingkat cabang didaerah ini dengan mengangkat tema “Palisui Sumange’na NU Sidrap” yang artinya, Kembali Semangat NU Sidrap.

Baca Juga :  Sat Binmas Polres Banggai Sambangi Ponpes, Ini Tujuannya

Maknanya, sambung Mahmud, perintah kepada semua kader dan warga NU sidrap untuk mereaktualisasi semangat ber NU di Sidrap, yang melambangkan konsep logo tersebut yaitu, kokohnya jam’iyah NU yang mampu bergerak progresif dan menunjukkan ketegasan dalam menjaga aqidah Aswaja An-Nahdliyah  . 

Ia menjelaskan, huruf lontara bugis yang tertulis Ta Ma, artinya Masuk, dan juga lambang rumah panggung selain bermakna NU mampu mengayomi juga bermakna mengajak masyarakat Sidrap untuk bergabung masuk berjam’iyah di rumah besar NU.

Sementara untuk pewrnaan, kata Sekretaris Umum GP Ansor Sidrap itu, merujuk pada warna hijau sebagai warna khas NU yang melambangkan kesuburan, kesegaran dan kesejukan.

Baca Juga :  Ketua MUI Sidrap Akan Dimakamkan di Kompleks Pondok Pesantren Miliknya

Adapun makna lambang lainnya, sambung Mahmud, 9 bintang pada lambang tersebut, melambangkan 1 bintang berukuran besar dibanding 8 bintang lainnya, melambangkan Rasulullah, sedangkan 4 bintang lainnya melambangkan sahabatnya yang mendapat julukan Khulafaur Rasyidin yakni Abu Bakar, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Selanjutnya, 4 bintang yang lain melambangkan 4 imam mazhab Ahlussunah wal Jamaah yaitu, Imam Maliki, Imam Syafi’i, Imam Hanafi, dan Imam Hanbali. 

“Selaku panitia pelaksana, berharap semoga dengan konfercab yang akan berlangsung selama dua hari nanti,  mampu mengembalikan semangat ber NU di Kabupaten Sidrap,”harap Mahmud. (Diah).

  • Bagikan