Sosok Inilah Yang Pertama Beri Keterangan Wafatnya Presiden RI Ke 2

Sosok Inilah Yang Pertama Beri Keterangan Wafatnya Presiden RI Ke 2

Sidrap, Infosiar.com — Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang siapa sosok yang memberi keterangan terkait meninggalnya Presiden RI ke 2, Soeharto.

Dia adalah, KOMBES Pol Dicky Sondani yang saat ini menjabat sebagai Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Aceh sejak Oktober 2019 lalu.

Dikonfirmasi melalui ponselnya, Ahad (30/1/2022), mantan Kabid Humas Polda Sulsel yang dikenal dekat dengan para awak media saat bertugas diwilayah hukum Polda Selsel, membenarkan informasi tersebut.

Menurutnya, pada saat itu, dia menjabat sebagai Kapolsek Metro Kebayoran Baru, Jakarta Pusat, dan menjadi penanggungjawab keamanan di Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP) tempat di rawatnya Presiden Soeharto.

Dijelaskannya, sehari sebelum Pak Harto meninggal, ia pulang ke kantornya yang berjarak kurang lebih 1 Km dari RSPP untuk beristerahat setelah dua minggu sebelumnya bersiaga terus.

“Selama dua minggu itu, saya tidak pernah pulang ke rumah karena bersiaga terus di RSPP tempat di rawatnya pak Harto,” ujar pria kelahiran 18 Agustus 1971 lalu.

Alumni Akpol tahun 1993 itu menjelaskan, pada malam itu, dia bernafas lega, karena tim dokter yang merawat pak Harto mengatakan kondisi Presiden RI ke 2 kondisinya semakin membaik.

“Bahkan tim dokter mengatakan, mantan orang nomor satu di Indonesia itu, hari Selasa, pak Harto sudah bisa duduk yang bagus,” ujar KOMBES Dicky.

Namun takdir berkata lain, kata dia, beberapa saat kemudian, ia mendapat telpon dari tim dokter kepresidenan untuk segera merapat kembali, karena kondisi pak Harto mulai menurun, sehingga pada saat itu ia bergegas kembali ke RSPP.

“Setelah sampai di RSPP, beberapa saat kemudian, pak Harto akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya, Ahad (27/1/2022) sekira pukul 01.30 Wib.

Dijelaskannya, keputusannya untuk menyampaikan wafatnya pak Harto, karena adanya ratusan wartawan yang meminta keterangan terkait kondisi yang sebenarnya terjadi.

“Sebagai orang yang bertanggung masalah keamanan dilokasi tempat pak Harto dirawat, akhirnya kami menyampaikan secara resmi tentang meninggalnya pak Harto,”ujar KOMBES Dicky. (Diah)