Survei IPI, Kepercayaan Publik Terhadap Polri Turun Tajam,

  • Bagikan
Survei IPI, Kepercayaan Publik Terhadap Polri Turun Tajam,

Jakarta, Infosiar.com — Hasil survei kepercayaan publik terhadap lemaga negara, khususnya institusi Polri, turun tajam sesuai data yang dirilis lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI).

Survei IPI tersebut dilakukan pada 6-11 Desember 2021 lalu dan melibatkan sebanyak 2020 responden dengan sampel basis sebanyak 1.220 orang, yang tersebar proporsional di 34 provinsi, serta dilakukan penambahan sebanyak 800 responden di Jawa Timur.

Populasi dipilih secara random dengan multistage random sampling. Margin of error survei tersebut +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih dalam survei ini diwawancarai lewat tatap muka.

Berdasarkan survei IPI terhadap sejumlah lembaga negara, TNI menjadi institusi negara yang paling dipercaya oleh masyarakat, sementara Presiden berada di urutan kedua.

“Yang paling tinggi masih dipegang oleh TNI, kedua Presiden, kemudian Polri,” kata Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi yang dikutif melalui salah satu media online, Ahad kemarin (9/1/2022).

Secara khusus, Burhanuddin menyoroti penurunan tingkat kepercayaan terhadap Polri meski masih menempati urutan ketiga, sebut dia, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri turun 6 persen.

Menurut Burhanuddin, penurunan tingkat kepercayaan terhadap Polri lantaran maraknya pelanggaran yang dilakukan anggota. Dia mencontohkan kasus bunuh diri seorang perempuan karena dipaksa aborsi oleh pacarnya, Bripda Randy Bagus, pada awal Desember 2021.

“Kebetulan, selama sebulan terakhir polisi dihajar dengan isu-isu yang melibatkan kesalahan anggotanya sendiri. Ada seorang anggota polisi yang memaksakan aborsi pasangannya dan pasangannya harus bunuh diri di kuburan ayahnya,” tuturnya.

“Adapula Polisi di pelosok Sulawesi yang memaksa istri tahanan untuk memenuhi nafsu bejatnya. Ini isu-isu yang menurunkan trust terhadap polisi selama sebulan terakhir, turunnya cukup tajam,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang ditampilkan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri turun dari 80,2 persen (hasil survei IPI November 2021) ke 74,1 persen (hasil survei IPI Desember 2021). (***)

Berikut hasil lembaga survei IPI terhadap sejumlah lembaga negara yaitu :

  1. TNI 27 persen
  2. Presiden 20 persen
  3. Polri 14 persen
  4. KPK 14 persen
  5. MA 12 persen
  6. MK 12 persen
  7. Pengadilan 11 persen
  8. Kejaksaan 9 persen
  9. MPR 7 persen
  10. DPR 6 persen
  11. DPD 6 persen
  12. Partai politik 5 persen

  • Bagikan