Terkait Pilkades Compong, Warga Harap Panitia Transfaran Soal Berkas Balon

  • Bagikan
Terkait Pilkades Compong, Warga Harap Panitia Transfaran Soal Berkas Balon


Sidrap, Infosiar.com — Terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Compong, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap, Sulsel, warga berharap kepada panitia Pilkades transparans soal berkas calon.

Hal itu disampaikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Mansur yang dikonfirmasi melalui ponselnya, mengakui bahwa penetapan bakal calon (Balon) Kepala Desa telah dilaksanakan pada Senin lalu (4/10/2021).

Penetapan dua orang Bakal Calon (Balon) Kades Compong untuk priode 2021-2026 tersebut, masing-masing Hamansi dan Egi Sunardi Nurdin.

Namun dalam penetapan balon Kades itu, kata Manssur, warga mempertanyakan kelengkapan berkas administtasi kedua balon yang telah ditetapkan sebagai syarat utama untuk mengikuti kontestasi politik ditingkat Desa. 

“Warga meminta kelengkapan berkas kedua balon tersebut di perlihatkan dan umumkan ke publik. Jangan terkesan ditutup-tutupi, harus transfarans,” ujarnya, Rabu (6/10/2021).

Sementatq itu, Sekretaris panitia Pilkades Compong, Anwar saat dihubungi terpisah menyampaikan, pihaknya sudah bekerja sesuai aturan yang ada tentang pelaksanaan tahapan Pilkades, salah satunya verifikasi berkas calon.

“Hari Senin lalu, dalam satu pertemuan dengan masyarakat, kita sudah umumkan dua bakal colon kepala desa Compong yakni Hamansi dan Egi Sunardi Nurdin,”jelas Amwar.

Ia mengatakan, pihaknya kembali akan mengumumkan penetapan calon kepala desa pada 10-11 Oktober 202 mendatan, setelah berkas kedua balon itu diperiksa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (Pemdes dan PPA) Sidrap.

Sementara, soal permintaan masyarakat untuk memperlihatkan berkas calon ke publik, pihaknya akan terlebih dahulu mempertanyakan hal tersebut kepada Pemdes dan PPA Sidrap.

“Akhir-akhir ini, warga di Desa Compong memang mempermasalhkan ijazah salah seorang balon Kades, sehingga mereka meminta panitia memperlihatkan berkas balon,” katanya.

Terpisah, mantan Kades Compong, Aspa berharap pelaksanaan Pilkades di wilayahnya, dapat berjalan aman, lancar dan tertib tanpa ada riak-riak dari masyarakat. (Diah)

  • Bagikan